Viral, Matahari Terbit dan Bulan Tenggelam Secara Bersamaan, Pertanda Apakah?

Viral, Matahari Terbit dan Bulan Tenggelam Secara Bersamaan, Pertanda Apakah?

Viral, Matahari Terbit dan Bulan Tenggelam Secara Bersamaan, Pertanda Apakah?--

RADARUTARA.ID- Para warganet mendadak heboh, hal ini setelah video viral yang di upload oleh akun @pak_wanimbo yang kemudian dan dibagikan ulang banyak akun lainya seperti salah satu akun di Twitter yakni @sosmedkeras pada Jumat (9/6/2023) kemaren.

Dalam video viral yang saat ini sudah ditonton hampir 1 Juta Viewer itu, menunjukkan sebuah fenomena yang sangat menunjukkan yang bahkan jarang sekali di lihat oleh kebanyakan orang.

Dalam video tersebut, seorang perekam mengatakan bahwa ada ada suatu fenomena dimana ada kejadian Matahari yang terbit bersamaan yakni dari arah timur dengan bulan yang tenggelam dari arah sebaliknya. Hah kok bisa? lokasi fenomena ini diketahui berada di berada di Polsek Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, pada sekitar pukul 05.30 WITA waktu setempat.

BACA JUGA:Pinjaman Online BRI 2023! Syarat Hanya KTP Bisa Cair Rp 25 Juta, Buruan ikuti langkah ini

BACA JUGA:Mengenal Kampung Janda di Gunung Kidul, Dihuni 23 KK Janda

Kepala Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan bahwa, fenomena ini sebenarnya kerap sekali terjadi yaitu ketika fase bulan purnama berakhir dan menuju fase bulan mati.

"Ini adalah hal yang biasa yaitu matahari terbit dengan bulan yang tenggelam, akan tetapi yang menghalangi fenomena ini terjadi di tempat lain yang ada di Indonesia yaitu karena adanya polusi cahaya yang menghalangi fenomena tersebut muncul," Katanya.

Tidak berbeda jauh, Profesor Riset Astronomi-Astrofisika BRIN, Thomas Djamaluddin, juga mengungkapkan bahwa fenomena ini memang buknlah fenomena alam yang harus dikhawatirkan, hal ini karena hal ini sudah sangat sering terjadi.

"Memang biasa terjadi, tetapi terkadang waktunya saja yang berbeda,"ungkapnya.

BACA JUGA:Link DANA Kaget Hingga Rp650 Ribu Per Bulan Lewat Aplikasi Ini Jika Beruntung, Bisa Buat Angsuran Kredit Motor

BACA JUGA:Jangan Dicoba, di Sini Jika Panggil Sayang ke Rekan Kerja Bisa Langsung Dipecat

Disisi lain, akibat dari fenomena matahari dan bulan yang terbit dan tenggelam secara bersamaan ini, juga mengundang beragam komentar dari para warganet. Seperti yang dituliskan oleh akun @pemuda_jauh bahwa dirinya baru pertama kali mengetahui ada fenomena seperti ini.

"Baru pertama kali tahu, tapi munking di tempat tinggal saya gak akan bisa kelihatan karena ditutupi oleh polusi," Tuturnya.

Komentar lain juga disampaikan oleh akun @chenbaik dituliskannya fenoma alam memang kerap sekali terjadi di manapun, tinggal bagaimana setiap orang menyikapinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: