Mengenal Suku Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Terkenal dengan Kulinernya

Mengenal Suku Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Terkenal dengan Kulinernya

10 suku terbesar di Indonesia--

RADARUTARA.ID - Seperti yang kita ketahui, Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai keberagaman budaya dan suku, namun terangkai dalam satu kesatuan yang disebut Bhineka Tunggal Ika.

Indonesia terdiri dari 34 provinsi dan beraneka suku, yang jika ditotal mencapai kurang lebih 1.340 suku, yang menyebar dari sabang sampai merauke. Bahkan setiap suku diketahui memiliki perbedaan yang tidak akan ditemukan di suku lainnya.

Bahkan dari berbagai sumber dikatakan, ada puluhan bahkan ratusan suku dan juga sub suku di Indonesia, dengan lokasi yang berbeda, namun semua tetap menandakan satu Indonesia.

Perbedaan juga bisa dilihat dari luasnya kawasan permasing-masing suku, walau itu buka penanda suku terkuat dan terlemah, namun luas wilayah antar suku cukup memberikan pengaruh.

BACA JUGA:Gila, Aplikasi Ini Bisa Berikan Saldo Rp2 Juta Gratis Setiap Minggu

BACA JUGA:Melihat Lebih Dekat Desa Kemiren, Wisata Edukasi Adat Osing di Banyuwangi

Misalnya, kawasan paling luas dipegang oleh wilayah suku Jawa, dimana hasil suku terluas ini bisa didata dengan menggunakan sensus penduduk atau pendataan lainnya, dengan tujuan memetakan luas wilayah secara kasat mata.

Dari sekian banyaknya suku bangsa yang tersebar ini, ada 10 suku yang nemiliki populasi terbanyak dan luas daerah yang juga tidaklah kecil. Mari kita simak ulasannya mengenai suku dengan populasi teebanyak di bawah ini yah.

1. Suku Jawa

Hampir 40 persen penduduk di Indonesia merupakan suku asli Jawa, bahkan ditahun 2010 dari data sensus penduduk, jumlah populasi suku Jawa mencapai 95 juta jiwa. Suku Jawa tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga berpindah sampai ke luar negeri sekalipun.

Suku Jawa dikelompokkan bersama suku lainnya yang ada di Pulau Jawa, seperti Suku Osing, Samin, Nagaring, Tengger, Boyan, Naga, dan suku lainnya yang mendiami Pulau Jawa. Setiap daerah selalu menggunakan bahasa yang berbeda, namun tetap sama yakni selalu ramah tamah.

Suku Jawa juga dikenal kaya akan kesenian, salah satu yang terkenal yakni seni tari dan senantiasa dilestarikan, sampai ke anak cucu mereka. Ada beberapa tari yang biasa dipertunjukan, yakni Tari Gambyong, Tari Serimpi, dan Tari Reog.

BACA JUGA:Homestay jadi Bisnis Property yang Menarik dan Memuaskan, Berikut Tips Memulai Usaha di Bidang Ini

BACA JUGA:7 Jurus Topcer Deketin Janda Cuek dan Galak, Dijamin Langsung Baper

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: