Tanggal 1 Juni 2023 Libur Apa? Cek Infonya di Sini!

Tanggal 1 Juni 2023 Libur Apa? Cek Infonya di Sini!

Tanggal 1 Juni 2023 Libur Apa? Cek Infonya di Sini!--

RADARUTARA.ID - Dalam hitungan hari kita akan memasuki bulan Juni. Umumnya sebelum memasuki bulan yang baru tak sedikit orang yang mencari tahu apakah di bulan tersebut ada tanggal merah atau libur panjang. Hal ini tentu untuk merencanakan libur atau cuti untuk pergi jalan-jalan bersama keluarga atau teman. 

Lantas, apakah tanggal 1 Juni 2023 termasuk hari libur nasional? Tanggal 1 Juni 2023 dalam kalender masehi tercatat jatuh pada hari Kamis. Bertepatan dengan tanggal tersebut, terdapat peringatan hari besar nasional, yakni Hari Lahir Pancasila.



Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Keppres tersebut, bangsa Indonesia perlu mengetahui asal-usul Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara dari waktu ke waktu dan generasi ke generasi.

BACA JUGA:Pemilik Zodiak Ini, Dijuluki Manusia Paling Santai dan Percaya Diri di Dunia

BACA JUGA:Bukti Nyata Aliran Krismuha dan Toleransi, Kampus Muhammadiyah Mayoritas Dihuni Mahasiswa Kristen

Tujuannya untuk kelestarian dan kelanggengan Pancasila agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Maka dari itu, pemerintah menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila, sehingga masyarakat Indonesia dapat memperingati momen tersebut setiap 1 Juni.

Bersamaan dengan keputusan tersebut, pemerintah menetapkan setiap 1 Juni sebagai hari libur nasional. Artinya, pekerja tidak masuk kantor dan pelajar tidak masuk sekolah.

Sebab, hari libur nasional ini diharapkan menjadi waktu bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

BACA JUGA:Kumpulan Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

BACA JUGA:Pemilik Zodiak Ini, Dijuluki Manusia Paling Santai dan Percaya Diri di Dunia

 

Daftar Hari Libur Bulan Juni 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: