Segudang Manfaat Benalu Kopi

Segudang Manfaat Benalu Kopi

Segudang Manfaat Benalu Kopi--

Oleh : Nanda Tria Nur Amanda

Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

INDONESIA adalah negara tropis. Tentunya Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang berfungsi sebagai obat. 80 persen tanaman obat dunia tumbuh di Indonesia. Menurut penelitian terbaru dari IPB, diperkirakan sekitar 25.000-30.000 tanaman yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai tanaman obat, salah satunya yaitu benalu dari tanaman kopi.

Kopi adalah minuman favorit yang dikonsumsi oleh jutaan orang di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda bahwa tanaman kopi yang kita nikmati setiap hari ternyata memiliki benalu yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan?. Ya, benalu kopi atau biasa dikenal dengan Loranthus ferrugineus Roxb yang sering dianggap sebagai gangguan bagi pertumbuhan tanaman kopi, kini semakin diperbincangkan oleh para petani kopi di Indonesia. Meskipun dianggap sebagai hama tanaman, benalu kopi justru memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena memiliki kandungan senyawa yang potensial dalam pengobatan dan kesehatan manusia.

Bukan tanpa alasan disebut tanaman benalu kopi, karena tanaman ini sebenarnya sangat melekat dengan tanaman kopi dan merupakan tanaman yang bersifat parasit. Daerah penghasil benalu kopi terbesar di Indonesia salah satunya berada di Aceh. Hal tersebut bisa jadi karena banyak tanaman kopi di Aceh.

Tanaman benalu kopi atau yang juga dikenal sebagai parasit kopi adalah jenis tumbuhan yang hidup menempel pada batang tanaman kopi dan menyerap nutrisi dari tanaman inangnya. Tanaman benalu kopi mempunyai karakteristik antara lain : Memiliki batang yang tipis dan menyerupai kabel, memiliki daun kecil berwarna hijau serta hijau kekuningan, mampu menyerap nutrisi dari tanaman inangnya melalui akar yang menempel pada batang inang, menghasilkan bunga kecil dan tidak begitu menonjol.

Tanaman benalu kopi juga memiliki klasifikasi sebagai berikut :

Kingdom: Plantae

Kingdom Plantae atau tumbuhan adalah salah satu dari lima kingdom dalam sistem klasifikasi makhluk hidup. Tumbuhan mencakup berbagai organisme yang mampu melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan mereka sendiri. Mereka memiliki struktur yang kompleks, termasuk akar, batang, dan daun, yang memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang secara khusus di berbagai lingkungan.

Divisi: Tracheophyta

Divisi Tracheophyta, juga dikenal sebagai tumbuhan berpembuluh, mencakup tumbuhan yang memiliki sistem vaskular yang berkembang dengan baik. Sistem vaskular ini terdiri dari xilem, yang mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, dan floem, yang mengangkut nutrisi dan zat organik hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan.

Kelas: Magnoliopsida

Kelas Magnoliopsida, juga dikenal sebagai dicots, adalah salah satu dari dua kelas utama dalam divisi Tracheophyta. Tumbuhan dalam kelas ini umumnya memiliki dua kotiledon (daun embrio) pada biji mereka. Mereka juga memiliki karakteristik seperti daun dengan urat paralel atau jaringan pembuluh kompleks, bunga yang teratur, dan akar bercabang.

Ordo: Santalates

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: