Viral Aliran Baru Kristen Muhammadiyah, Ini Penjelasan Tentang KrisMuha

Viral Aliran Baru Kristen Muhammadiyah, Ini Penjelasan Tentang KrisMuha

Viral Aliran Baru Kristen Muhammadiyah, Ini Penjelasan Tentang KrisMuha--

RADARUTARA.ID - Belakangan ini para pengguna media sosial mendadak heboh, setelah beredar kabar adanya aliran baru yang diberi nama Krismuha. Lantas apakah Krismuha tersebut? 

Krismuha merupakan singkatan dari Kristen Muhammadiyah, lebih tepatnya orang Kristen yang menjadi simpatisan Muhammadiyah. 

Krismuha ternyata bukanlah hal yang baru, hal inipun telah diteliti oleh Abdul Mu’ti dan Fajar Riza Ulhaq, dan dari hasil penelitian tersebut akhirnya disusun ke dalam sebuah buku utuh dengan judul "Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan".

BACA JUGA:Membanggakan, Pria Pengembala Ini Dinyatakan Lulus S3 di Kampus Amerika

BACA JUGA:5 Kabupaten Terluas di Sulawesi, Cek di Sini Apakah Kabupatenmu Termasuk?

Dirasa menarik, dan bisa memberikan banyak manfaat akhirnya buku tersebut di bedah oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis (LKKS) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, pada Senin (22/05) di Kantor Kemendikbudristek, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta.

Ketua LKKS PP Muhammadiyah, Fajar Riza Ulhaq mengungkapkan, buku ini menggambarkan situasi toleransi di daerah-daerah terpencil di Indonesia, seperti Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) Serui Papua dan Putussibau kalimantan Barat. 

Dijelaskannya pula, Munculnya Fenomena Kristen Muhamadiah ini dapat diungkapkan sebagai interaksi yang intens antara siswa - siswa muslim dan Kristen dalam ruang lingkup sekolah Muhamadiah. Akan tetapi meskipun begitu, interaksi tersebut tetap tidak menghilangkan indentitas mereka sebagai penganut agama Kristen yang taat. 

"Inilah kontribusi Muhammadiyah dalam membangun generasi Indonesia yang lebih toleran, inklusif, dan terbiasa hidup bersama dalam perbedaan,” ucap Fajar.

BACA JUGA:Niat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis: Arab, Latin, dan keutamaannya

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini Agar Terhindar Dari Lilitan Utang, Silahkan Dicoba

Selain itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyampaikan bahwa pada awalnya, buku

Yang mebahas Krismuha ini awalnya di terbitkan pada 2009 silam, akan tetapi karena masih banyak kekuranganya.

Namun, kali ini, menurut Mu`ti, buku yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas (Kompas Gramedia) telah mengalami penyempurnaan yang komprehensif dan juga telah diperbaiki dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: