Jika Foto di KTP Kamu Jelek, Mungkinkah Bisa Diganti? Ini Penjelasan Dukcapil

Jika Foto di KTP Kamu Jelek, Mungkinkah Bisa Diganti? Ini Penjelasan Dukcapil

Jika Foto di KTPmu Jelek, Mungkin Bisa Diganti, Ini Penjelasan Dukcapil--

RADARUTARA.ID- Istilah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa menjadi gambaram foto aslimu, nampaknya benar adanya. Karena hampir sebagian besar foto di KTP milik warga Indonesia hampir tidak ada yang bagus atau aesthetic istilah anak sekarang.

Karena memang proses pengambilan foto secara langsung di lokasi, serta hanya berlatar kain warna merah atau biru yang disesuaikan dengan tahun kelahiran.

Selain itu antrian yang cukup panjang dan cepatnya proses pengambilan foto, membuat kita tidak memiliki waktu, bahkan hanya untuk sekedar tersenyum, karena yang ada mata keburu kedip akibat silau terkena lampu.

Terkecuali jika kita memang sudah cantik atau ganteng dari lahir dan memiliki angel foto di segala sisi, jadi dipastikan foto KTPmu akan tetap bagus, seperti foto KTP para artis.

BACA JUGA:Tarzan Gorontalo, Punya Ilmu Kebal, Tidak Terluka Meski Dibrondong 107 Butir Peluru

BACA JUGA:Tarik Saldo Dana Gratis Hingga Rp.4,3 Juta Per Bulan Melalui Aplikasi Ini, Langsung Bisa Dicairkan!

Namun kamu wajib tahu, ternyata foto di KTPmu bisa diganti loh. Hanya saja memang ada beberapa aturan mengenai pergantian foto KTP ini, karena alasan fotp jelek sepertinya tidak bisa menjadi alasan.

Menurut Kepala Disdukcapil Bengkulu Utara, Suwanto, SH proses pergantian foto di KTP bisa saja dilakukan, dengan beberapa syarat, 

1. Perubahan fisik menyeluruh

Pertama karena ada perubahan fisik secara menyeluruh, entah itu karena kecelakaan, ada penyakit yang sampai menyerang wajah, atau karena mungkin melakukan operasi pada wajah karena alasan kesehatan

2. Kondisi KTP yang rusak parah

Walau sebenarnya bisa saja langsung melakukan penggantian KTP, dengan menggunakam data KTP lama. Namun tidak dilarang jika kamu ingin sekalian mengganti foto di KTP mu, agar proses pergantian bisa sekaligus.

3. Ada perubahan lain

Pergantian foto KTP bisa dilakukan jika ada perubahan lain, yakni dari sebelumnya belum menggunakan hijab menjadi menggunakan hijab, atau malah sebaliknya dari yang sebelumnya menggunakan hijab berubah menjadi melepas jilbab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: