Sebelum Menanam Bawang, Ini Dia Cara Pembuatan Pupuk Dari Kotoran Hewan

Sebelum Menanam Bawang, Ini Dia Cara Pembuatan Pupuk Dari Kotoran Hewan

Sebelum Menanam Bawang, Ini Dia Cara Pembuatan Pupuk Dari Kotoran Hewan.--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Bawang merah merupakan komoditas hortikultura berumur pendek dan mempunyai nilai komersial tinggi resiko tinggi. 

Sehingga tanaman bawang merah merupakan tanaman hortikultura yang sudah sejak lama di dibudidayakan oleh petani secara intensif. 

Nah Komoditas bawah merah bakal menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Bengkulu Utara, khususnya di Kecamatan Padang Jaya.

Bahkan, pengembangan bawang merah ini akan memberikan kontribusi yang cukup tinggi terhadap ketahanan pangan se -Kecamatan Padang Jaya. 

BACA JUGA:Kades Berharap Kerusakan Jalan dan Jembatan di Pagardin Jadi Skala Prioritas di TA 2024

Namun, untuk mensukseskan program penanaman bawang merah, ada Beberapa tips yang wajib diperhatikan. Seperti halnya pembuatan pupuk kompos yang nantinya berguna untuk menyuburkan tanah.

Karena pupuk kompos yang berasal berasal dari kotoran hewan, selain berbentuk padat, mengandung unsur hara makro dan mikro. 

Seperti dijelaskan oleh Penyuluh Pertanian di Kecamatan Padang Jaya, Sumarno, pihaknya menerangkan pupuk kompos merupakan kunci utama sebelum dilakukan penanaman bawang merah.

Dirinya menularkan beberapa Teknis pembuatan pupuk kompos kepada masyarakat:

 

Bahan:

1 ton kotoran kambing

200 kg kapur pertanian (Dolomit)

200 kg abu/sekam/bekas gergaji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: