Pemdes Napal Putih Tagih Janji Perbaikan Jalan Lingkungan Desa yang Dirusak oleh Aktivitas Proyek Dinas PU

Pemdes Napal Putih Tagih Janji Perbaikan Jalan Lingkungan Desa yang Dirusak oleh Aktivitas Proyek Dinas PU

Beginilah kondisi akses jalan lingkungan di Desa Napal Putih yang rusak akibat aktivitas angkutan material dari kegiatan proyek yang diselenggarkan oleh Dinas PU BU beberapa tahun lalu--

NAPAL PUTIH, RADARUTARA.ID- Sempat dijanjikan berkali-kali akan diperbaiki. Tapi kenyataannya sampai hari, ini kerusakan yang terjadi kepada akses jalan lingkungan desa di Desa Napal Putih, Kecamatan Putih, Kabupaten BU yang sempat rusak akibat aktivitas angkutan proyek di lingkungan Dinas PU BU, ini nyatanya tak kunjung diperbaiki.

Kades Napal Putih, Asmara Wijaya, mengatakan. Dulunya, akses jalan lingkungan desa yang menghubungkan dengan fasilitas Puskesmas di Napal Putih, itu sempat dibangun oleh desa melalui dana desa (DD) dengan spesifikasi aspal curah.

Namun sayangnya belum lama warga di Desa Napal Putih menikmati jalan yang telah dibangun oleh desa itu. Aktivitas mobil pengangkut material proyek di lingkungan Dinas PU BU justru merusak jalan tersebut.

"Dulu dijanjikan akan diperbaiki. Tapi sampai sekarang janji tersebut belum pernah dilaksanakan," ungkap Kades.

BACA JUGA:Keluhkan Jalan Rusak, Pemuda di Bengkulu Utara ini Ngomel ke Gubernur dan Bupati

Diterangkan Kades, akses jalan lingkungan di desanya itu memiliki volume panjang kurang lebih mencapai 1 Km. Kini kondisi jalan yang dulunya mulus dengan lapisan aspal Curah, itu kembali berubah menjadi jalan tanah dan bebatuan.

"Kondisi sekarang kembali menjadi jalan tanah dan koral. Aspal yang dulu pernah dibangun desa sudah habis mengelupas," imbuhnya.

Kades berharap, pemerintah daerah segera menindak lanjuti janjinya yang dulu akan memperbaiki ulang akses jalan di desanya tersebut.

Perbaikan dianggap mendesak, karena akses jalan tersebut berfungsi untuk mempercepat keperluan masyarakat desa dalam menjangkau pelayanan menuju Puskesmas, Pasar dan Kantor Camat.

"Jalan itu juga menjadi modal desa untuk mendorong pengembangan pemukiman masyarakat. Karena sepanjang akses jalan, itu terdapat areal perkebunan yang luas dan berpotensi menjadi pemukiman baru untuk masyarakat. Sehingga kita sangat mendorong akses jalan disana bisa segera diperbaiki," pintanya.

BACA JUGA:Kunjungi Lampung, Presiden Jokowi Ganti Rute, Jalan Roro Jongrang Urung Dilewati

Lebih jauh Kades, menambahkan. Selain menunggu dan menggantungkan janji pemerintah daerah yang akan memperbaiki ulang jalan tersebut.

Beberapa tahun terakhir desa juga sudah berupaya untuk mendesak perbaikan jalan tersebut dengan menyampaikan usulan secara rutin di setiap agenda Musrenbangcam. Tapi sayangnya kata Kades, usulan dari desa itu tak pernah direspon.

"Usulan lewat Musrenbangcam sudah berkali-kali kita sampaikan. Tapi sampai sekarang belum pernah diakomodir. Kami berharap kepada pemerintah daerah bisa segera menseriusi usulan perbaikan jalan di desa kami ini. Mau didanai lewat Dinas PU atau Dinas Transmigrasi tidak masalah. Intinya jalan desa kami bisa kembali baik," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: