Pemdes Air Putih Perdana Salurkan BLT-DD dan Bayarkan Honor Kelembagaan TA 2023

Pemdes Air Putih Perdana Salurkan BLT-DD dan Bayarkan Honor Kelembagaan TA 2023

Pemdes Air Putih Perdana Salurkan BLT-DD dan Bayarkan Honor Kelembagaan TA 2023--

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID- Penyaluran perdana program BLT-DD kategori esktrim TA 2023 telah dilaksanakan oleh Pemdes Air Putih, Kecamatan Marga Sakti Sebelat pada Selasa (18/4) hari, ini. Penyaluran BLT-DD di Desa Air Putih, ini sedikitnya menyasar 68 KPM kategori ekstrim dan disalurkan sekaligus untuk jatah 3 bulan yakni jatah di bulan Januari, Februari dan Maret dengan total nominal Rp 900 ribu/KPM.

Selain melaksanakan penyaluran program BLT-DD. Dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh unsur Tripika di lingkungan Kecamatan MSS, ini. Pemdes Air Putih juga melaksanakan pembayaran terhadap honor kelembagaan di desa yang meliputi RT, PAUD, Posyandu, Keagamaan, Linmas dan lembaga lainnya.

"Alhamdulillah, hari ini kita salurkan pogram BLT-DD untuk jatah 3 bulan sekaligus kepada 68 KPM kategori ekstrim yang berhak menerimanya. Selain, itu kita juga telah membayarkan seluruh honorarium para pengurus lembaga di desa," ujar Kades Air Putih, Bambang Syahrial.

Diakui Bambang, jumlah BLT-DD yang dialokasikan oleh desa di tahun ini sengaja mengambil ambang batas maksimal 25 persen. Ini, terpaksa dilakukan karena hampir sebagian besar masyarakat di Desa Air Putih kategori ekstrim, belum tercover penuh oleh jenis bantuan sosial (Bansos) lainnya dari pemerintah pusat.

"Masih banyak masyarakat kita yang tidak tercover di program Bansos pemerintah, baik PKH, BPNT dan Bansos lainnya. Sehingga mereka-mereka yang seharusnya layak menerima namun tidak tercover di Bansos milik pemerintah pusat, terpaksa kita tampung di dalam program BLT-DD. Sehingga alokasi BLT-DD kita di tahun ini mencapai angka maksimal yakni 25 persen," pungkasnya.

Selebihnya Kades, menambahkan. Dalam kesempatan, ini Pemdes juga berusaha merealisasikan pembayaran honorarium kepada seluruh jajaran lembaga yang ada di tingkat desa.

Diharapkan Kades, honorarium yang nilainya tidak seberapa ini dapat memacu semangat rekan-rekan pengurus lembaga di desa dalam mendukung jalannya roda pemerintahan di desa. Baik, itu unsur kelembagaan di tingkat RT, PAUD, Posyandu, PKK, Linmas, Keagamaan dan beberapa lembaga lainnya.

"Baik BLT-DD maupun honor kelembagaan yang kita realisasikan hari, ini semoga membawa manfaat untuk masyarakat dan kemajuan desa," demikian Kades.(Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: