Tradisi Unik Menjelang Lebaran Idul Fitri di Indonesia

Tradisi Unik Menjelang Lebaran Idul Fitri di Indonesia

Tradisi Unik Menjelang Lebaran Idul Fitri di Indonesia--

Batobo dilakukan saat perantau kembali ke kampung asalnya yang disuguhi sambutan khusus. Seperti pahlawan, para rombongan pemudik diarak dengan menggunakan rebana melintasi persawahan dan menuju tempat berbuka puasa bersama.

Tradisi Batobo ini bisa dijadikan ajang silaturahmi dan pelepas rindu antara para perantau dengan keluarga di kampung halamannya.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Arisan Sebagai Budaya Nusantara

4. Badulang tradisi dari Bangka. 

Tradisi ini dilakukan setelah sholat ied, salam-salaman lalu kumpul lagi untuk makan bersama di halaman masjid. Makanan dengan berbagai menu ditutup dengan tudung saji.

 

5. Grebeg Syawal tradisi dari Yogyakarta

Tumpukan yang menggunung ini berisi hasil bumi yang diiringi oleh pasukan Keraton Yogyakarta. Acara ini dilakukan pada saat menjelang 1 syawal.

 

6. Ngejot tradisi dari Bali

Tradisi ini memberikan makanan kepada para tetangga sebagai rasa terima kasih. Makanan yang diberi kepada tetangga sudah dalam bentuk siap saji dan kue serta buah-buahan.

BACA JUGA:Sage Green Jadi Trend Baju Lebaran 2023, Berikut Cara Mix n Match Outfit Viral ini

7. Perang Topat tradisi dari Lombok.

Tradisi ini dilakukan setelah 6 hari Idul Fitri dengan saling melempar ketupat. Ngadongkapkeun tradisi dari Banten, tradisi ini dilakukan setelah sholat Idul Fitri, ucapan persembahan doa sebagai rasa syukur yang dilanjutkan dengan sungkeman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: