Pemdes Suka Negara Salurkan Program BLT-DD dan Bayarkan Honor Kelembagaan TA 2023

Pemdes Suka Negara Salurkan Program BLT-DD dan Bayarkan Honor Kelembagaan TA 2023

Pemdes Suka Negara Salurkan Program BLT-DD dan Bayarkan Honor Kelembagaan TA 2023--

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID- Pemdes Suka Negara, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) perdana mulai merealisasikan serapan dana desanya (DD) tahap I TA 2023.

Ada pun jenis kegiatan yang sudah direalisasikan diantaranya penyaluran program BLT-DD untuk 22 KPM kategori ekstrim. BLT-DD perdana yang disalurkan oleh Pemdes Desa Suka Negara, ini langsung untuk jatah tiga bulan sekaligus yakni jatah bulan Januari, Februari dan Maret dengan nominal sebesar Rp 900 ribu/KPM.

Selain melaksanakan penyaluran program BLT-DD. Pemdes Suka Negara juga mengawali realisasi serapan anggaran DD-nya di tahap I, ini dengan melaksanakan pembayaran honor kelembagaan.

"Alhamdulillah, telah kita salurkan 3 bulan sekaligus bantuan BLT-DD kepada 22 KPM kategori ekstrim yang sebelumnya sudah kita tetapkan di tingkat desa. Selanjutnya, silahkan bantuan yang diterima oleh KPM, ini agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memenuhi keperluan pokok," ujar Kades Suka Negara, Wahidin.

Di sisi lain, Wahidin, menambahkan. Selain melaksanakan penyaluran program BLT-DD. Pada kesempatan kali, ini desa juga telah berupaya untuk merealisasikan pembayaran honor kelembagaan.

Pembayaran honor kelembagaan yang telah direalisasikan oleh desa, ini kata Wahidin, meliputi kelembagaan Linmas, Adat dan jenis kelembagaan lainnya. Tentu Wahidin, menyadari, honor yang diterima oleh masing-masing lembaga di desanya ini nilainya memang tidak seberapa.

Tapi minimal, honor kelembagaan yang dibayarkan oleh desa ini bisa menjadi energi positif bagi seluruh pengurus lembaga di tingkat desa dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang berlangsung di desa.

"Ini lah bentuk apresiasi yang bisa diberikan oleh desa kepada pengurus kelembagaan yang ada. Nilainya tidak seberapa, namun minimal honor yang direalisasikan oleh desa ini bisa memberi energi positif bagi jajaran pengurus kelembagaan untuk mendukung jalannya roda pemerintahan di desa," tandas Kades.

Sementara, itu turut hadir dalam agenda realisasi DD tahap I TA 2023 di Desa Suka Negara yang berlangsung pada hari Sabtu (14/4), lalu. Diantaranya Danramil Putri Hijau, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Putri Hijau, Ketua BPD Suka Negara beserta anggota dan aparatur perangkat desa di Suka Negara.(Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: