Bisakah Klaim Asuransi Kendaraan Saat Mobil Kesayangan Dicoret Anak

Bisakah Klaim Asuransi Kendaraan Saat Mobil Kesayangan Dicoret Anak

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Mobil Kesayangan Di Coret Oleh Si Kecil. Apakah Bisa?--

RADARUTARA.ID - Sudah lumrah jika anak di usia dini suka mencoret-coret. Mulai dari mencoret kertas, lantai dinding bahkan kendaraan orang tuanya yang terparkir di garasi sekalipun tak luput dari coretan si kecil. Karena aksi mencoret-coret merupakan bagian dari kreativitas si kecil sehingga apapun ingin di coba.

 

Lalu bagaimana jika yang dicoret oleh sikecil adalah kendaraan ayah dan bunda? apakah coretan di mobil dapat diklaim asuransi kendaraan? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

BACA JUGA:Mau Saldo Dana Gratis Rp 50.000 dalam 5 Menit, Coba Trik Jitu ini

Menurut Head of PR & Marcomm Asuransi Astra Laurentius, Iwan Pranoto coretan yang dilakukan oleh anak-anak pada kendaraan tidak bisa diklaim asuransinya. Hal itu menjadi pengecualian dan tidak masuk ke dalam pertanggungan asuransi kendaraan. Karena coretan tersebut termasuk ke dalam kategori kerusakan mobil yang dilakukan oleh saudara sekandung, sehingga pertanggungan tidak dapat diberikan. 

 

Hal itu sebagaimana tertulis di dalam Spesimen Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Bahwa perusahaan asuransi tidak akan menanggung klaim atas kesalahan yang kamu buat sendiri apalagi dilakukan dengan sengaja.

 

Tidak bisa diklaim asuransinya, itu karena dilakukan oleh orang di bawah pengawasan tertanggung di antaranya anak keluarga," kata Iwan.

BACA JUGA:Trending di Twitter, Gorengan Harga Mati Saat Buka Puasa, Namun Ternyata ada Dampak Buruk Makanan ini

Jadi kesimpulannya, polis asuransi untuk kategori kerusakan akibat coretan anak tidak ditanggung asuransi kendaraan. Untuk itu perlu kita jaga dan awasi anak kita jangan sampai mereka mencoret-coret kendaraan.

Akan tetapi larangan yang kita berikan hendaklah menggunakan bahasa yang baik, jangan sampai membuat anak takut sehingga tidak berani lagi untuk ber eksplorasi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: