Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Dijamin Ampuh

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Dijamin Ampuh

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Dijamin Ampuh--

RADARUTARA.ID - Ketombe adalah kotoran yang berada di permukaan kulit kepala. Teksturnya seperti serpihan yang berwarna putih atau kuning. Meski tak menular, masalah ini bisa menurunkan rasa percaya diri pengidapnya. Ketombe lebih sering muncul pada orang yang jarang keramas atau kurang menjaga kebersihan rambut.

Ketombe juga dapat muncul akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan di kulit kepala, stres, perubahan hormon, hingga penyakit tertentu, seperti kulit kepala berjamur, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

BACA JUGA:Penting! Makanan dan Minuman tidak Sehat ini Harus Dihindari saat Berbuka

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ketombe? Simak berikuti ini ya.

1. Mengoleskan minyak kelapa

Cara alami menghilangkan ketombe yang pertama adalah mengoleskan minyak kelapa. Minyak kelapa berasal dari ekstrak daging kelapa segar atau daging kelapa yang telah dikeringkan. Minyak ini dapat melembapkan kulit kepala dan rambut, serta menghaluskan dan menyuburkan rambut.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe cukup mudah. Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan dan diamkan semalaman. Pagi harinya, keramaslah seperti biasa.

 

2. Menaburkan soda kue

Soda kue dapat digunakan untuk mengurangi gatal-gatal dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Bahan ini juga dapat membasmi jamur penyebab ketombe.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, taburkan soda kue secukupnya ke rambut yang basah secara merata, pijat kulit kepala, dan diamkan selama 1–2 menit. Lalu keramaslah hingga soda kue benar-benar bersih.

BACA JUGA:WHO Beri Tips Sehat Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H

3. Mengoleskan lidah buaya

Kandungan antiradang dan antijamur pada lidah buaya diketahui dapat mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi pemicu munculnya ketombe. Selain menjadi cara alami menghilangkan ketombe, lidah buaya juga dapat meredakan gatal dan menguatkan rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: