Penyusunan FKP dan TPBIS, Diharapkan Maksimalkan Program DPK Bengkulu

Penyusunan FKP dan TPBIS, Diharapkan Maksimalkan Program DPK Bengkulu

Forum Komunikasi Pustakawan (FKP) dan Tim Sinergis Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). --

BENGKULU, RADARUTARA.ID- Penyusunan pengurus Forum Komunikasi Pustakawan (FKP) dan Tim Sinergis Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), oleh Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu. Diharapkan dapat optimal mendukung program DPK, karena penyusunan itu bertujuan untuk memaksimalkan implementasi program-program, baik itu bidang Perpustakaan ataupun kearsipan.


Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi, M.Pd.--

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, kedua kepengurusan ini memiliki peranan yang sangat penting, terutama dalam mewujudkan program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Karena keduanya merupakan ujung tombak ketika program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan diimplementasikan secara langsung nantinya.

"Pada intinya semua lini bisa bekerja sesuai tupoksi, karena seperti FKP, keberadaannya nanti untuk memudahkan komunikasi, koordinasi, monitoring, pembinaan, pemberdayaan, dan evaluasi  bagi pustakawan yang berada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu ini. Sehingga melalui peran Pustakawan, target dari program seperti perpustakaan berbasis inklusi sosial bisa terwujud," ungkap Meri Sasdi, Senin (3/4).

Kemudian, berkaitan dengan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perubahan inovasi. Sebagaimana intruksi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, tujuannya untuk penguatan literasi masyarakat dan pemerataan informasi dalam peningkatan kesejahteraan. 

"TPBIS memiliki peranan dalam pelaksanaannya nanti. Definisi dari perpustakaan berbasis inklusi sosial bagaimana keberadaan perpustakaan dapat memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, dan kemauan untuk menerima perubahan. Selain itu menawarkan kesempatan untuk berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan Hak Asasi Manusia (HAM)," singkat Meri Sasdi. (Adv)

Susunan Pengurus FKP Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu:

Pembina:

01. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd

02. Kabid Pengembangan Perpustataan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, M. Multazam, S.Pd, M.Pd

03. Kabid Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Hj. Wardaniar, S.Sos, M.Pd

04. Tony Hartanto, S.Sos

05. Eko Pranoto S.Sos

Pengurus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: