Ini Akibatnya Jika Makan Berlebihan Saat Berbuka

Ini Akibatnya Jika Makan Berlebihan Saat Berbuka

Berbukalah dengan secukupnya agar tetap sehat--

RADARUTARA.ID - Waktu berbuka puasa memang sangat ditunggu - tunggu, sebab kita sudah diperbolehkan untuk menyantap makanan dan minuman, akan tetapi terkadang seseorang sampai lupa diri saat menyantap hidangan saat berbuka.

Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan, berikut ini RADARUTARA.ID akan merangkum, beberapa akibat jika makan berlebihan saat berbuka puasa.

 

1. Perut begah

Efek kebanyakan makan waktu buka puasa yang mungkin Anda rasakan adalah lambung akan mengembang seperti balon. 

Akibatnya, perut bisa terasa begah karena lambung menjadi melar melebihi kapasitas normalnya. Perasaan tidak nyaman pada perut tersebut biasanya akan mendorong Anda untuk menepuk-nepuk perut dengan harapan bisa mengurangi begah.

Faktanya, lama atau tidaknya durasi rasa tidak nyaman itu umumnya bergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi. 

Makanan berlemak dan kaya serat akan lebih sulit untuk dicerna dibanding jenis makanan lainnya. Akibatnya, Anda akan merasa tidak nyaman lebih lama

BACA JUGA:Ini 5 Bahaya Teh Manis Saat Berbuka Puasa

2. GERD

Saat kalap makan, lambung akan terisi terlalu banyak makanan. Kondisi ini mungkin saja membuat makanan menekan diafragma. 

Kondisi ini dapat membuat Anda mengalami sesak napas setelah berbuka puasa.

Lambung yang kepenuhan juga bisa memicu makanan yang kembali naik ke esofagus, aliaskerongkongan. Kondisi ini dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Salah satu gejala GERD adalah heartburn atau lebih dikenal dengan istilah nyeri ulu hati. Saat Anda mengalami heartburn, rasa sakit atau panas seperti terbakar akan muncul pada dada dan bisa menjalar hingga ke leher

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: