Budidaya Lele dan Sayuran Ditargetkan Mampu Jamin Ketersediaan Pangan di Pondok Bakil

Budidaya Lele dan Sayuran Ditargetkan Mampu Jamin Ketersediaan Pangan di Pondok Bakil

Ilustrasi ternak lele--

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Kades Pondok Bakil, Firman Aswandi, menargetkan kedua sektor ketahanan pangan yang mencakup unsur hewani dan nabati yang mendapatkan dukungan penuh dari 20 persen dana desa (DD) yang akan dikelola desa pada TA 2023 ini mampu menjamin ketersediaan pangan masyarakatnya.

Budidaya ikan lele dan pengelolaan tanaman sayuran menjadi skala prioritas pada program ketahanan pangan di Desa Pondok Bakil, Kecamatan Ulok Kupai pada tahun ini.

"Dalam program ketahanan pangan di tahun, ini kita sengaja fokus kepada budidaya lele dan budidaya tanaman sayuran. Karena kedua sektor, ini mampu kita produksi dalam tempo yang tidak terlalu lama. Sehingga ketersediaan pangan masyarakat dalam menghadapi dampak inflasi global saat ini bisa kita jamin lebih cepat," ungkap Kades.

Selain fokus terhadap kegiatan yang bersifat untuk dikonsumsi, lanjut Kades, pada program ketahanan pangan di tahun ini. Desa juga akan berupaya untuk mengoptimalkan pembangunan di bidang infrastruktur jalan menuju areal persawahan yang saat ini menjadi salah satu sumber daya alam (SDA) yang dimiliki oleh desa dalam menjamin ketersediaan pangan masyarakat dalam jangka panjang.

Melalui peningkatan jalan menuju areal persawahan ini nantinya. Ditargetkan Kades, upaya petani dalam meningkatkan hasil produksinya di sektor persawahan bisa lebih optimal.

"Dukungan berupa pembangunan infrastruktur jalan menuju areal persawahan juga akan kita laksanakan di tahun ini. Dengan harapan, peningkatan infrastruktur jalan yang kita upayakan ini nantinya bisa mendorong petani lebih optimal dalam meningkatkan hasil produksinya dan sebagai bentuk konkret desa dalam menjaga potensi areal persawahan yang saat ini masih tersedia di desa," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: