Jangan Disepelekan, ini Bahaya Tidur Sesudah Sahur

Jangan Disepelekan, ini Bahaya Tidur Sesudah Sahur

Usahakan jangan kembali tidur setelah makan sahur--

RADARUTARA.ID - Sahur menjadi aktivitas yang sangat penting bagi yang akan menunaikan ibadah puasa, makan sahur sangat dianjurkan walaupun hanya dengan minum satu gelas air saja.

Karena nutrisi yang didapat dari makan sahur bisa membantu untuk mengisi tenaga dalam menjalani aktivitas seharian penuh.

Rasulullah SAW Bersabda : 

"Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

 

Akan tetapi, setelah makan masalah yang sering muncul adalah rasa ngantuk yang luar biasa. Lantaran tidak bisa menahan rasa kantuk, sebagian orang akan memilih untuk kembali melanjutkan tidur.

Namun tidur setelah sahur bukan kebiasaan yang baik dan dapat menganggu kesehatan lo. Mau tau apa saja bahaya tidur sesudah sahur? Yuk simak ulasan berikut ini :

1. Lemak Tubuh menumpuk dan Beresiko Obesitas

Makanan yang masuk ke tubuh akan digunakan sebagai energi. Namun bila  tidur setelah makan, tentu kalori dari makanan akan disimpan menjadi lemak. Jika terus-terusan maka Kondisi tersebut bisa jadi risiko obesitas semakin meningkat.

 

2. Meningkatnya Asam Lambung

Ini bisa menjadi bahaya jika Anda punya kebiasan sering tidur setelah makan sahur. Pasalnya, pada kondisi ini sistem pencernaan tidak mencerna makanan dengan baik. Lambung secara otomatis meningkatkan produksi asam lambung untuk mempercepat prosesnya.

Di samping itu, ketika Anda tidur, gaya gravitasi akan melonggarkan klep lambung sehingga menyebabkan asam lambung dalam perut mengalir balik ke kerongkongan.

Asam lambung bisa mengikis lapisan dinding kerongkongan dan menyebabkan luka. Hal ini bisa menyebabkan perut mulas, nyeri ulu hati, dan sensasi panas perih seperti terbakar pada dada hingga tenggorokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: