Desa Diminta Waspadai Bencana Alam Dadakan

Desa Diminta Waspadai Bencana Alam Dadakan

Ilustrasi cuaca buruk--

KETAHUN, RADARUTARA.ID- Kondisi cuaca yang tak pasti belakangan, ini patut menjadi perhatian serius bagi seluruh desa dan masyarakat.

Dalam situasi seperti ini, ancaman bencana alam dadakan seperti banjir, longsor dan beberapa jenis bencana alam lainnya akan sangat rentan terjadi.

Oleh sebab, itu Camat Ketahun, Nasri, S.Pd, meminta kepada seluruh desa dan lapisan masyarakat di wilayah kerjanya untuk selalu mewaspadai ancaman bencana alam dadakan tersebut.

"Sampai hari, ini cuaca di daerah kita belum begitu bersahabat. Keadaan ini rentan menimbulkan bencana alam dadakan atau bencana alam yang secara tiba-tiba bisa terjadi. Untuk itu kami menghimbau kepada desa dan seluruh lapisan masyarakat agar selalu waspada dalam situasi apapun," pesan Camat.

Di sisi lain, Camat, meminta kepada seluruh desa agar dapat mengantisipasi ancaman bencana alam dadakan ini dengan melaksanakan beberapa upaya pencegahan.

BACA JUGA:Pemdes Marga Bhakti Salurkan BLT dan Realisasikan Program Ketahanan Pangan DD TA 2023

Beberapa tindakan pencegahan yang bisa diupayakan oleh desa diantaranya dengan memberikan perhatian khusus kepada lokasi-lokasi di sekitar desa yang rentan terjadi bencana.

"Beberapa saluran-saluran drainase yang mampet di desa agar rutin dibersihkan, masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi yang rentan terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor agar diberi edukasi tentang menghadapi segala bentuk ancaman bencana. Jika upaya-upaya itu dilakukan. Masyarakat akan lebih siap dalam menghadapi situasi apapun," demikian Camat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: