Pemdes Marga Bhakti Salurkan BLT dan Realisasikan Program Ketahanan Pangan DD TA 2023

Pemdes Marga Bhakti Salurkan BLT dan Realisasikan Program Ketahanan Pangan DD TA 2023

Titik nol pembangunan fisik di Desa Marga Bakti--

PINANG RAYA, RADARUTARA.ID- Pemdes Marga Bakti, Kecamatan Pinang Raya berhasil melakukan penyerapan kepada anggaran dana desa (DD) tahap I TA 2023.

Dan pada Rabu (27/3) hari, ini Pemdes Marga Bakti mulai merealisasikan anggaran DD yang berhasil diserapnya pada pencairan tahap 1, dengan melaksanakan penyaluran program BLT-DD kepada 25 KPM untuk jatah selama tiga bulan yakni bulan Januari, Februari dan Maret dengan total bantuan tunai sebesar Rp 900 ribu/KPM.


Penyaluran blt dd--

Selain melaksanakan penyaluran bantuan langsung tunai. Pemdes Marga Bakti turut melangsungkan pelaksanaan titik nol terhadap kegiatan program ketahanan pangan yang bersumber dari dana 20 persen DD TA 2023.

Ada pun, jenis kegiatan program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Pemdes Marga Bakti di TA ini meliputi sektor hewani berupa penggemukan sapi limusin dan di sektor nabati berupa pengembangan atau penanaman ubi kayu bagi dasa wisma.

"Hari ini kita salurkan program BLT-DD untuk jatah 3 bulan sekaligus kepada 25 KPM dan melaksanakan kegiatan titik nol atas program ketahanan pangan yang kita danai dari 20 persen DD TA 2023," ungkap Kades Marga Bakti, Parmoko.


Kpm penerima blt dd--

Dikatakan Parmoko, selaras dengan atensi pemerintah pusat dan daerah kepada desa dalam rangka mengatasi dampak inflasi global.

Maka pada pencairan DD tahap I, ini desa sengaja mengawali kegiatan pembangunan kepada sektor ketahanan pangan. Ditargetkan Parmoko, dalam tempo beberapa bulan kedepan.

Program ketahanan pangan yang direalisasikan oleh desa di tahap awal ini. Baik dari sektor hewani berupa penggemukan sapi limhsin, maupun nabati yang berupa pengembangan atau penanaman ibu jayu bagi dasa wisam. Diharapkan bisa berproduksi dan mampu menjamin ketersediaan pangan hingga memberi dampak positif terhadap pemulihan ekonomi masyarakat di desa.

"Sesuai arahan pemerintah pusat dan daerah kepada desa dalam menghadapi dampak inflasi global yang terjadi saat ini. Maka program ketahanan pangan ini sengaja kita kebut di awal. Dengan harapan dalam tempo yang tidak terlalu lama. Program ketahanan pangan yang kita laksanakan baik dari sektor hewani maupun nabati bisa segera produksi dan memberi dampak langsung kepada ketersediaan pangan serta pemulihan ekonomi masyarakat," pintanya.


Sukseskan titik nol di Desa Marga Bakti--

Camat Pinang Raya, M Irfan, S.Sos, menyampaikan apresiasi atas percepatan yang telah dilaksanakan oleh Pemdes Marga Bakti dalam mendukung program prioritas pemerintah melalui DD TA 2023.

Irfan berharap, melalui batuan langsung tunai dan dengan dilaksanakannya program ketahanan pangan di sektor yang telah ditetapkan oleh desa ini nantinya mampu melindungi masyarakat dari dampak inflasi global yang sedang berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: