6 Tips Agar Timbangan Stabil di Bulan Ramadan

6 Tips Agar Timbangan Stabil di Bulan Ramadan

Tips agar timbangan tetap stabil di Ramadan--

RADARUTARA.ID- Momen berpuasa memang menjadi momen spesial, karena bisa menjalankan ibadah dengan penuh semangat dan juga di sore hari bisa menikmati aneka takjil yang tak kalah menggugah selera. Sehingga banyak orang yang setelah puasa selesai malah mengalami kenaikan berat badan.

Pasalnya, banyak orang yang kurang memperhatikan asupan makanan mereka selama puasa, sehingga kenaikan berat badan menjadi hal yang sulit dihindari. Padahal, ada tips diet saat puasa yang bisa diikuti, yang bahkan bisa membantu proses penurunan berat badan selama bulan Ramadan ini.

BACA JUGA:Trik Manjur Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Namun, jika berat badan kamu malah naik selama berpuasa, itu berarti ada yang salah dengan cara kamu melakukan diet saat puasa. Supaya tidak mengalami hal ini, ada beberapa tips diet selama puasa yang bisa dicoba. 

1. Memperbanyak Konsumsi Serat dan Protein

Tips diet saat puasa yang pertama adalah mengutamakan makanan yang mengandung serat dan protein dibanding makanan berkalori tinggi. Ini karena makanan berserat tinggi akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama, sehingga kamu tidak mudah cepat lapar dan bisa tahan berpuasa sepanjang hari.

Makanan yang tinggi serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan, sehingga ketika waktu berbuka puasa tiba, kamu tidak kalap dan makan secara berlebihan.

 

2. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Kamu tetap membutuhkan asupan gula saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi. Ini karena berpuasa selama belasan jam dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menurun, sehingga kamu perlu mengembalikannya dengan makan-makanan atau minuman yang manis.

Namun ingat, batasi asupan gula yang kamu konsumsi. Terlalu banyak makan-makanan atau minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh dan kemudian menaikkan berat badanmu. 

Jadi, sebaiknya pilihlah makanan berkarbohidrat kompleks untuk menambah energi setelah berpuasa, seperti buah, sayur, dan nasi merah.

 

3. Hindari Makan Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: