Tahun ini, Libur Lebaran bagi Anak Sekolah Hanya Seminggu

Tahun ini, Libur Lebaran bagi Anak Sekolah Hanya Seminggu

Para siswa tengah belajar mengaji bersama dewan guru.--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID- Momen Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah ditahun 2023 ini bersamaan dengan jadwal ujian kelulusan siswa, baik ditingkat SMP maupun SD di lingkup Pemkab Bengkulu Utara. Namun dipastikan momen berpuasa tidak akan menggangu jadwal ujian yang telah ditetapkan oleh pihak Dinas Pendidikan Bengkulu Utara.

 

Namun untuk jadwal libur sendiri, siswa memiliki dua kali momen libur yakni diawal puasa Ramadan dan memasuki Idul Fitri 1444 H. Yakni untuk libur awal Ramadan selama dua hari yakni, ditanggal 23 dan 24 Maret 2023, serta selama seminggu libur Lebaran Idul Fitri, mulai dari tanggal 19 April sampai 26 April 2023.

 

"Untuk jadwal masuk setelah libur lebaran yakni ditanggal 27 April 2023, dan langsung belajar seperti biasanya," ungkap Kepala Dispendik Bengkulu Utara, Drs Fahrudin.

 

Sementara untuk jadwal belajar selama bulan Ramadan juga mengalami pemangkasan, yakni untuk jenjang SD persatu jam pelajaran hanya 30 menit dan untuk jenjang SMP satu jam pelajaran hanya 35 menit. Hal ini dilaksanakan agar proses belajar mengajar tetap berjalan efektif dan proses berpuasa anak-anak juga tetap terjaga.

 

Selain itu, selama momen Ramadan 1444 H, pihak sekolah juga diwajibkan untuk merancang agenda pembelajaran yang berkaitan perkuatan keimanan, ketaqwaaan dan juga kepeduliaan sosial bagi siswa. Yang bisa berupa pesantren kilat, kultum, mengaji rutin, lomba keagamaan maupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan keagamaan. 

 

"Walaupun waktu belajar nanti kurang efektif, karena ada agenda ujian kelulusan, namun diharapkan agenda selama Ramadan tetap harus dirancang dengan sebaik-baiknya sembari menyesuaikan kaldik," tutup Kadis. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: