WHO Beri Tips Sehat Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H

WHO Beri Tips Sehat Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H

WHO Beri Tips Sehat Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H--

RADARUTARA.ID - Bulan suci Ramadhan sangat dinanti umat Islam di seluruh dunia, mereka akan berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Setelah sebulan berpuasa, umat Islam akan merayakan hari kemenangan yaitu Idul Fitri.  

Pada bulan Ramadhan, umat Islam tidak diperbolehkan makan dan minum selama waktu antara matahari terbit hingga terbenam. Jadi, mereka memulai puasanya dengan makan sebelum matahari terbit, dan kemudian berbuka puasa setelah matahari terbenam.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat awal Ramadhan 1444 H pada tanggal 29 Sya'ban yang bertepatan dengan Rabu (22/3),

Berikut adalah tips sehat menjalani ibadah puasa yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang harus kita ingat agar tetap sehat sepanjang bulan:

1. Air minum: Puasa dimulai dengan sahur – makan yang dikonsumsi sebelum matahari terbit, dan diakhiri dengan buka puasa – hari raya yang dikonsumsi untuk berbuka puasa setelah matahari terbenam. Namun, di antaranya, kita harus ingat untuk minum banyak air dan tetap terhidrasi sepanjang waktu, untuk memberi tubuh nutrisi yang hilang.

2. Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air yang lebih banyak akan membantu menghidrasi tubuh dan menjaganya tetap sehat.3. Tempat yang sejuk dan teduh

Dengan puasa setidaknya 15 hingga 16 jam, penting untuk tetap berada di tempat yang sejuk dan teduh agar tubuh tetap terhidrasi dan sehat.

3. Sahur: Awal puasa ditandai dengan makan pagi yang disebut sahur tepat sebelum matahari terbit. Sangat penting untuk memasukkan sayuran, satu porsi karbohidrat, dan makanan kaya protein untuk meningkatkan energi tubuh.

4. Makanan manis

Dianjurkan juga untuk menghindari konsumsi makanan manis dalam jumlah besar setelah berbuka puasa. Konsumsi makanan yang kaya lemak juga harus dibatasi.

5. Makanan yang digoreng: Disarankan untuk menggunakan metode memasak selain menggoreng untuk menjaga kesehatan tubuh selama Ramadan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: