Desa Diminta Bergerak, Percepat Penyusunan APBDes

Desa Diminta Bergerak, Percepat Penyusunan APBDes

Camat Arma Jaya, Hartono, S.Pt--

ARMA JAYA, RADARUTARA.ID- Pemerintah Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara mendorong pemerintah desa agar segera menyelesaikan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). Langkah itu ditujukan untuk mempercepat pencairan alokasi dana desa dan dana desa (ADD dan DD) ditahun 2023.

Camat Arma Jaya, Hartono, S.Pt, mengatakan, pihaknya sudah mengingatkan ke masing-masing desa agar APBDes segera dibahas dan diselesaikan.

Sebab, APBDes tersebut merupakan syarat untuk mengajukan pencairan ADD dan DD di tahap pertama.

”Sudah kami imbau agar penetapan APBDes bisa dipacu, karena menjadi dasar untuk penyaluran dana desa,” ujarnya.

Hartono menambahkan, memang dirinya tidak memberikan batasan waktu penyelesaian APBDes pada tahun ini.

Namun, setidaknya dia berharap setiap desa bisa merampungkan APBDes-nya pada akhir Maret ini. Dengan begitu, pengajuan ADD ataupun DD bisa dilakukan, sehingga program di setiap desa tidak sampai keteteran.

 

Terkonfirmasi hingga Rabu pagi (8/3), belum ada desa yang menuntaskan verifikasi dokumen APBDes. Akan tetapi, ada tiga desa yang sedang proses verifikasi APBDes.

Hal ini disampaikan, Kasi PMD, Tamrin, SIP, yang menerangkan belum ada desa di wilayahnya yang verifikasi penyusunan dokumen APBDes, akan tetapi Desa Kalai Dua, Gunung Besar dan Sidodadi sedang proses verifikasi APBDes.

"Kami harap desa-desa di Kecamatan Arma Jaya agar segera melakukan percepatan terhadap penyusunan dokumen APBDes-nya sehingga bisa melangsungkan proses usulan ADD/DD tahap I," tandas Camat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: