Lansegar", Program Inovasi Puskesmas Suka Makmur Sasar Lansia

Lansegar

Kegiatan senam dalam rangka program Lansegar Puskesmas Suka Makmur--

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID- Sejumlah program inovasi bernama Lansegar (lansia sehat dan bugar) diluncurkan oleh Puskesmas Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS).

Program inovasi Lansegar, ini diluncurkan oleh Puskesmas Suka Makmur sebagai langkah konkret dalam meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya kepada kalangan Lansia di wilayah kerja Puskesmas Suka Makmur.

Kepala Puskesmas Suka Makmur, dr Nanang Rahmat, mengatakan. Program Lansegar ini diluncurkan oleh pihaknya sudah sejak beberapa bulan terakhir sebagai langkah konkret Puskesmas Suka Makmur dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerjanya terkhusus bagi masyarakat golongan Lansia.

"Untuk program Lansegar memang kita peruntukan bagi kelompok Lansia yang ada di wilayah kita," ungkap Kapus.

 

Di dalam pelaksanaannya kata Nanang, kegiatan Lansegar di isi dengan kegiatan berupa pelayanan kesehatan yang meliputi konsultasi kesehatan, konsultasi Gizi, konsultasi Obat, deteksi dini penyakit tidak menular,  pemeriksaan gula darah gratis, informasi kesehatan hingga melaksanakan Senam bersama dan pemberian snack serta minuman bergizi.

Dimana ini adalah program inovasi yang diperuntukan untuk memaksimalkan atau mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya kalangan Lansia. dan kegiatannya akan dilaksanakan satu bulan sekali. 

"Sasaran utama untuk kegiatan Lansegar adalah Lansia yang hampir semuanya memiliki permasalahan kesehatan terutama terkait dengan hipertensi dan DM," ungkap Kapus.

 

Nanang berharap, dengan berlangsungnya program Lansegar ini. Pelayanan kesehatan kepada kalangan Lansia di wilayah kerjanya bisa lebih dekat dan optimal.

Mengingat kata Nanang, kesehatan masyarakat pada kalangan Lansia ini turut menjadi perhatian serius bagi pemerintah yang harus mendapatkan perhatian lebih.

Sehingga lanjut Nanang, Puskesmas sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat dan daerah terus berusaha untuk mengoptimalkan pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat khususnya kalangan Lansia melalui program-program inovasi yang dimiliki oleh Puskesmas.

"Semoga kegiatan inovasi kami ini bermanfaat untuk masyarakat dan mendapatkan dukungan dari lintas sektor yang ada demi untuk terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik," harap Kapus Suka Makmur.

Sesuai pantauan RadarUtara.ID. Kegiatan Lansegar yang di isi dengan kegiatan Senam bersama ini turut diikuti oleh jajaran tripika meliputi Camat MSS, Kapolsek Putri Hijau hingga Danramil Putri Hijau berikut jajaran aparatur Desa Suka Makmur. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: