Dinas Pertanian Buka Layanan Kesehatan Hewan di Stand HUT Mukomuko

Dinas Pertanian Buka Layanan Kesehatan Hewan di Stand HUT Mukomuko

Terlihat warga sedang berkonsultasi dan mengobatkan hewan peliharaan yang sakit--

MUKOMUKO, RADARUTARA.ID- Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko membuka pelayanan kesehatan hewan di stand pameran HUT Kabupaten Mukomuko ke-20.

Puluhan warga pemilik hewan ternak sudah mendatangi stand yang didirikan di lapangan komplek perkantoran Pemkab Mukomuko. Baik berkonsultasi, maupun mengobatkan hewan ternaknya. 

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST, MT didampingi dokter hewan (drh) Yeni Misra, menyampaikan, selama perayaan hari jadi kabupaten Mukomuko. Pihaknya membuka pelayanan kesehatan hewan secara gratis. 

 

"Masyarakat silahkan datang. Kami menyediakan vaksin, termasuk obat-obatan untuk hewan. Baik obat untuk penyakit mata, kutu, dan lainnya. Sampai hari ini, sudah ada 61 pemilik ternak datang ke stand. Diantaranya 31 orang pemilik kucing, dan 30 orang peternak sapi," kata Apriansyah.

 

Khusus untuk 30 orang peternak sapi yang datang ke stand, mereka hanya konsultasi soal hewan ternaknya yang diduga mengindap penyakit. Baik itu penyakit mulut dan kuku (PMK), maupun penyakit lumpy skin desease (LSD) dan yang lainnya.

Khusus pemilik ternak yang datang konsultasi, pihaknya langsung memberikan pemahaman agar mereka tidak panik menghadapi ancaman penyakit tersebut. Sekain itu, petugas kesehatan hewan langsung memberikan obat-obatan untuk ternak warga. 

 

"Dan obat yang kita berikan itu, tentu disesuaikan dengan penyakit yang menyerang ternak berdasarkan ciri-ciri yang disampaikan oleh pemiliknya. Sedangkan untuk penyakit kucing, lebih didominasi cacing, mata dan kutu. Sedangkan untuk anjing, tidak ada," ujarnya.

 

Sedangkan untuk ternak yang kondisinya parah, petugas langsung menyarankan agar pemilik ternak datang langsung ke klinik agar ternak mereka yang sakit bisa mendapat penanganan lebih intensif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: