Apa itu Obesitas? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa itu Obesitas? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa itu Obesitas? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya--

RADARUTARA.ID - Baru-baru ini viral di media sosial seorang Bayi usia 16 bulan bernama Muhamad Kenzie Alfaro memiliki bobot badan mencapai 27 kilogram.

Menurut pakar gizi, kondisi tersebut disebut dengan obesitas. Lalu apakah obesitas itu? Apa saja penyebabnya? Dan bagaimanakah cara mengatasinya? Mari simak penjelasannya!

Obesitas adalah suatu kondisi seseorang yang memiliki berat badan berlebih dan mengandung banyak lemak pada tubuhnya. lemak yang berlebihan itu menumpuk akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu yang lama. 

BACA JUGA:Miliki Bobot Badan Tak Wajar, Bayi Asal Bekasi Ini Pernah Diberi Susu Kental Manis

Menentukan seseorang termasuk obesitas atau tidak bisa diukur dengan rumus:

BMI = Berat Badan (kg) / (tinggi (m) x tinggi (m))

Jika BMI lebih besar dari 25 maka seseorang bisa dikatakan overweight, namun jika angkanya mencapai 30 atau lebih maka sudah masuk kategori obesitas yang harus diwaspadai.

Penyebab Obesitas

Sebagian besar penyebab obesitas karena kombinasi antara kelebihan asupan energi makanan dan kurangnya aktivitas fisik. Sehingga kadar kalori yang masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kelebihan itu akan diubah menjadi cadangan dalam bentuk lemak. 

BACA JUGA:Viral Video Bayi Obesitas Usia 1 Tahun Bobot Badan Capai 27 Kg, Ini Penjelasan Spesialis Gizi

Tidak hanya itu, pengaruh genetik, perilaku, hormonal dan ketergantungan pada makanan yang padat energi dan cepat saji serta mengandung karbohidrat, gula atau lemak bisa jadi penyebab dari obesitas.

Kebiasaan begadang juga bisa menjadi penyebab obesitas karena produksi hormon rasa lapar yang diakibatkan karena begadang yaitu ghrelin dan leptin menjadi tidak seimbang.

Cara Mengatasi Obesitas

Penderita obesitas biasanya akan disarankan untuk melakukan diet sehat, rutin melakukan aktivitas fisik dan membatasi asupan kalori sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: