Jika Berani Lakukan Banyak Hal Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Hal Positif Ini

Jika Berani Lakukan Banyak Hal Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Hal Positif Ini

Jika Berani Lakukan Banyak Hal Sendiri, Kamu Akan Rasakan 5 Hal Positif Ini--

RADARUTARA.ID - Sebagai makhluk sosial pastinya manusia dilahirkan jelas akan membutuhkan bantuan orang lain tanpa memandang status dan kedudukan.

Manusia akan saling membutuhkan untuk bersosialisasi atau berinteraksi dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Kebutuhan itu akan melahirkan sifat manusia yang empati, simpati, toleran dan setia kawan.

Namun, ada kalanya kita juga harus melatih diri untuk mandiri, berani dan bisa melakukan banyak hal sendiri. Hal ini untuk mencapai kepuasan batin dan agar tidak terlalu bergantung dengan orang lain.

Jika kamu memberanikan diri untuk melakukan banyak hal dengan sendiri, kamu akan rasakan sensasi baru yang positif dalam hidup kamu, yaitu:

1. Lebih Mudah Bahagia

Orang yang bisa dan berani melakukan banyak hal sendiri cenderung dianggap sebagai orang yang mandiri. Ia bisa dengan bijak menyikapi keadannya yang terpuruk dan terluka tanpa berlama-lama. Hal ini karena ia menyadari bahwa kebahagiaannya merupakan tanggung jawab pribadi bukan orang lain. Dengan begitu tidak perlu bergantung kepada orang lain dan mengupayakan sendiri agar lebih bahagia menjalani hidup.

2. Makin Sayang dengan Diri Sendiri

Seseorang yang berani melakukan banyak hal sendiri, cenderung mengetahui kepasitas dan kemampuan diri sendiri sehingga akan timbul rasa untuk menyanyangi dan menghargai diri. 

Sebuah buku karya dokter spesialis kejiwaan asal Korea Selatan, Hong Gyun dengan judul "How to Respect Myself" menjelaskan bagaimana agar menjadi manusia yang bisa mengenal, menghargai dan menyanyangi diri sendiri. 

Jika telah menyanyangi diri sendiri maka akan lebih mudah untuk menyanyangi dan menghargai orang lain.

3. Bisa Mengelola Waktu dengan Baik

Kamu akan menjadi orang yang punya kendali akan waktumu jika kamu berani melakukan banyak hal sendiri. Karena kamu akan merasa lebih tanggung jawab menjalani kesibukan dan keseharian tanpa harus bergantung pada orang lain. 

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk bekerja dan beristirahat dengan proporsional. 

4. Rasa Percaya Diri Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: