Perdana, TNI AL di Bengkulu Panen Raya Sorgum

Perdana, TNI AL di Bengkulu Panen Raya Sorgum

Lanal Bengkulu saat panen raya Sorgum--

BENGKULU, RADARUTARA.ID - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Jum'at (17/2) panen raya perdana tanaman Sorgum pada lahan program ketahanan pangan.

Panen perdana tersebut langsung dipimpin Komandan Lanal Bengkulu, Letkol Laut (P). Nyoman Gede Pradnyana AS didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab II Daerah Jalasenastri Armada I, Dyah Ayu Pradnyana.

 

"Panen raya sorgum yang dilakukan pertama kalinya di Bengkulu ini diharapkan dapat memberikan contoh pada masyarakat dalam memanfaatkan lahan untuk ketahanan pangan, sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian petani di wilayah Binpotmar Lanal Bengkulu," ungkap Nyoman dalam panen raya yang dipusatkan di Mako Lanal Bengkulu.

BACA JUGA:Jalan Jalasena Samudera TNI AL, Danlanal: Dorong Peningkatan Ekonomi

Menurutnya, Sorgum merupakan sumber makanan alternatif dari biji-bijian yang dapat menggantikan gandum, beras dan jagung serta bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mencegah kanker, dan baik untuk pencernaan.

"Penanaman ini sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Muhammad Ali," katanya.

 

Dilanjutkannya, panen sorgum merupakan bentuk keikutsertaan TNI AL, khususnya Lanal Bengkulu dalam mendukung program pemerintah untuk menjadikan sorgum sebagai tanaman pangan alternatif.

"Kita berharap kegiatan ini bermanfaat, dan juga sebagai contoh bagi masyarakat untuk ikut serta memberdayakan lahan tidur dengan membudidayakan Sorgum," harapnya.

 

Lebih jauh dikatakannya, penanaman Sorgum ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan. Karena jenis tanaman ini merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, bahan baku industri dan pakan ternak. 

"Sorgum termasuk bahan pangan yang berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai," singkat Danlanal. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: