Turunkan Angka Stunting, Asupan Gizi Ratusan Balita di Kecamatan Giri Mulya Dipantau

Turunkan Angka Stunting, Asupan Gizi Ratusan Balita di Kecamatan Giri Mulya Dipantau

Turunkan Angka Stunting, Ratusan Balita di Kecamatan Giri Mulya Dipantau Gizinya--

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID - Pemerintah saat ini masih terus mengupayakan menurunkan angka stunting dan juga proses pencegahannya. Seperti halnya di Kabupaten Bengkulu Utara, penanganan stunting menjadi tanggung jawab bersama mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat desa.

"Untuk penanganan stunting, hari ini kami sudah menggelar pertemuan dengan lintas sektor, hal ini sesuai arahan pimpinan dengan melibatkan beberapa dinas terkait," ungkap Katwanto Camat Giri Mulya pasca pertemuan lintas sektor di Desa Giri Mulya, Kamis (16/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Camat menyampaikan hal-hal terkait kesepakatan dalam program pemberian asupan gizi bagi anak atau balita yang aktif dilakukan pemantauan.

"Program ini kita jalankan dengan pemantauan dan pelaporan secara intensif," ujarnya.


Turunkan Angka Stunting, Ratusan Balita di Kecamatan Giri Mulya Dipantau Gizinya--

Sementara Kepala Puskesmas Air Bintunan, Purwanto kepada radarutara.id menjelaskan menurunkan stunting di wilayah kerjanya tidak bisa dilakukan sendiri, untuk itu pihaknya meminta semua pihak untuk turut serta dalam penanganan stunting. 

BACA JUGA:Seorang Bayi Lahir Selamat di Bawah Reruntuhan Akibat Gempa Dahsyat Turki dan Suriah

"Agar stunting turun, tidak cukup dengan penambahan gizi dan pemantauan balita di posyandu saja, namun semua faktor dilibatkan, makanya berbagai upaya telah kita lakukan dan akan terus berlanjut dengan komitmen bersama-sama disemua sektor," kata Purwanto.

Kapus menyebutkan berdasarkan data Puskesmas Air Bintunan akhir tahun 2022, di Kecamatan Giri Mulya setidaknya 943 anak atau balita di usia 0 sd 59 bulan yang dilakukan pemantauan perkembangannya.

Diusia balita ini, lanjut Purwanto, sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang buah hati hingga dewasa. 

Makanya untuk menghindari resiko stunting, perlu adanya perhatian semua pihak.

BACA JUGA:Fakta-fakta Jari Bayi Tergunting di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang

"Agar stunting atau ditemukan kelainan pada anak bisa langsung diintervensi, maka anak masih berada dalam kandungan pun harus tetap dipantau," bebernya.

Disisi lain, Polsek Giri Mulya, IPTU Freddy Simaremare menegaskan, Kepolisian dalam hal ini Polsek Giri Mulya siap mendukung dan bekerjasama dalam hal program penurunan stunting di Kecamatan Giri Mulya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: