Pemkab Bengkulu Utara Diminta Lanjutkan Peningkatkan Kualitas Puskesmas di Pelosok Menjadi Prototype

Pemkab Bengkulu Utara Diminta Lanjutkan Peningkatkan Kualitas Puskesmas di Pelosok Menjadi Prototype

Ilustrasi pelayanan kesehatan--

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID Desakan terhadap peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan kepada fasilitas pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bengkulu Utara, khususnya Puskesmas yang terletak di pelosok atau wilayah pedalaman kembali disuarakan oleh lembaga DPRD Bengkulu Utara.

Wakil Ketua Komisi I DPRD BU, Edi Putra, S.IP, menegaskan, peningkatan kualitas dan mutu kesehatan di tingkat Puskesmas ini bisa ditempuh oleh Pemkab Bengkulu Utara.

Dengan cara menaikan kualitas bangunan dan fasilitas beberapa Puskesmas di wilayah pedalaman menjadi bangunan Prototype seperti kondisi Puskesmas yang sebelumnya sudah direalisasikan kepada beberapa Puskesmas di Kabupaten Bengkulu Utara.

Peningkatan bangunan Puskesmas di pelosok menjadi bangunan Prototype, ini menurut Edi, telah menjadi tuntutan. Agar pelayanan yang berlangsung kepada Puskesmas khususnya bagi Puskesmas yang berada di wilayah pedalaman bisa lebih maksimal.

"Harapan kami Pemkab bisa melanjutkan komitmennya, karena Puskesmas di Tanjung Harapan, Kecamatan Ulok Kupai dan Puskesmas pedalaman yang ada di wilayah kecamatan lainnya yang saat ini keberadaannya benar-benar menjadi rujukan penanganan pertama bagi masyarakat," desak Edi.

Ditambahkan Edi, dorongan terhadap peningkatan bangunan Puskesmas di wilayah pedalaman menjadi bangunan Protoype ini tentunya dinilai telah sejalan dengan komitmen pemerintah daerah yang sejauh ini terus berusaha melengkapi kebutuhan-kebutuhan alat kesehatan (Alkes) di setiap Puskesmas.

Sangat disayangkan kata Edi, bila peningkatan Alkes yang sejauh, ini terus dipenuhi oleh pemerintah daerah itu tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas bangunan.

Dimana secara bertahap dalam beberapa tahun ini kebutuhan Alkes di setiap Puskesmas sudah mulai dipenuhi. Kondisi itu terlihat dari alokasi anggaran pengadaan Alkes dan kebutuhan Nakes  yang setiap tahunnya terus kita optimalkan.

Tentunya Alkes yang dimiliki oleh setiap Puskesmas saat, ini akan bisa dimanfaatkan lebih maksimal lagi apa bila di dukung dengan bangunan yang memadai.

"Kami mendorong Pemkab BU agar kembali memperjuangkan peningkatkan bangunan Puskesmas khususnya di wilayah pedalaman menjadi Prototype, agar mutu pelayanan kesehatan di wilayah kita semakin membaik," imbuhnya.

Terpisah Kepala Puskesmas (Kapus), Tanjung Harapan, Harmen, SKM, menyambut baik dorongan lembaga DPRD BU kepada Pemkab BU untuk melanjutkan kembali peningkatan bangunan Puskesmas menjadi Prototype.

Menurut Harmen, ini sangat sejalan dengan keinginan pihaknya yang sejak beberapa tahun terakhir telah mengusulkan peningkatkan bangunan Prototype.

"Ini sejalan dengan harapan kami yang selama, ini sudah berusaha mengusulkan meningkatkan bangunan Puskesmas kita menjadi Prototype. Mudah-mudahan hal tersebut bisa diperjuangkan kembali. Sehingga Alkes dan tenaga kesehatan yang kita miliki saat ini bisa diberdayakan lebih optimal lagi dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat. Khususnya kami yang ada di wilayah pedalaman yang membutuhkan waktu untuk menjangkau pelayanan di Rumah Sakit (RS)," demikian Harmen. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: