Kementerian PUPR Kukuhkan Tim UPI Mukomuko, Nizam: di Sumatera Baru Ada Tiga UPI

Kementerian PUPR Kukuhkan Tim UPI Mukomuko, Nizam: di Sumatera Baru Ada Tiga UPI

Kasubdit Wilayah Tiga Bina OP Kementrian PUPR saat berfoto bersama tim UPI Mukomuko--

MUKOMUKO, RADARUTARA.ID- Direktorat Jenderal Sumber Daya Air di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, telah mengukuhkan Tim Unit Pengelola Irigasi (UPI) Daerah Irigasi (D.I) Air Manjunto, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Pengukuhan dilaksanakan di Mukomuko, Rabu (25/1). 

 

Menariknya, dari puluhan kabupaten yang ada di pulau Sumatera, baru ada tiga UPI yang sudah dikukuhkan oleh Kementerian PUPR RI. Diantaranya UPI di Aceh, UPI di Palembang, dan UPI di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu.

Hal ini dibenarkan Kasubdit Wilayah Tiga Bina OP Kementerian PUPR RI, Ir Mohamad. K. Nizam Lembah, ketika dikonfirmasi, Kamis (26/1).

 

“Tidak semua daerah dapat UPI. Di Sumatera ini saja, baru ada tiga UPI yang dikukuhkan yaitu Aceh, Palembang dan Mukomuko. Karena Mukomuko terpilih. Dan Alhamdulillah, Tim UPI D.I Air Manjunto sudah dikukuhkan,” kata Nizam.

Setelah pengukuhan, Nizam berharap kepada seluruh tim UPI D.I Air Manjunto agar dapat bekerja secara maksimal untuk membantu Bidang Operasional dan Pemeliharaan (OP) Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS)

VII Bengkulu. Sebab UPI ini memiliki tugas bertangungjawab pada pelaksanaan kegiatan OP irigasi dan pelayanan irigasi yang ada di Kabupaten Mukomuko.

 

“Dengan adanya UPI di Mukomuko, diharapkan kedepan mampu meningkatkan pelayanan, produktivitas, efektifitas, efisiensi kinerja OP, dan mencegah konflik penggunaan air di tegah - tengah masyarakat. Jadi nanti kalau ada uneg-uneg yang dihadapi petani, maka saya berharap teman-teman di UPI inilah yang akan mencari solusi terbaiknya,” tegasnya.

 

Terpisah, Penjabat Sekda Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH, M.Si, CLA ketika dikonfirmasi sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas kepercayaan yang sudah diberikan pemerintah pusat dengan dibentuknya UPI di Kabupaten Mukomuko sebagai lembaga permanen.

Bukan seperti selama ini yang sifatnya adhoc. Dan ini menjadi kebanggan sendiri bagi daerah Mukomuko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: