Gurun Pasir di Arab Saudi Berubah Jadi Danau, Ternyata Ini Penyebabnya

Gurun Pasir di Arab Saudi Berubah Jadi Danau, Ternyata Ini Penyebabnya

Gurun Pasir di Arab Saudi Berubah Jadi Danau, Ternyata Ini Penyebabnya--

RADARUTARA.ID - Beberapa wilayah di Arab Saudi diguyur hujan lebat sehingga mengubah gurun pasir dan area tandus yang menjadi ciri-ciri khas dari negara di Timur Tengah itu menjadi danau. 

Sebelumnya hujan tinggi dalam durasi yang panjang di Arab Saudi sejak Desember 2022, dengan kecepatan yang sama dan hampir terus menerus menyebabkan wilayah Arab Saudi asri menghijau. 

Salah satu lokasi yang terdampak dari hujan lebat yakni lembah sungai terpanjang di Jazirah Arab, Wadi al-Rummah.

Karena fenomena yang langka itu, orang beramai-ramai mengunjungi area tersebut untuk berpiknik. 

Berdasarkan video dan gambar yang beredar di media sosial, terlihat banyak pemain jet ski berselancar di air dan ratusan mobil yang berada di jalan dekat lembah sungai. Beberapa orang juga terlihat menunggang kuda dan yang lain tamoak bermain layang-layang di atas air. 

Alhasil, Wadi al-Rummah menjadi ajang tempat rekreasi baru serta mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat lokal. 

Menurut kajian geologi, air di Wadi al-Rummah meluap besar-besaran sebanyak tiga kali dalam kurun waktu 100 tahun, yaitu pada tahun 1945, 1982, 1987, 2004, 2008 dan 2018 silam.

Pada 1818, lembah sungai tergenang air selama 40 hari. Kemudian pada 1838, lembah terendam air selama 22 hari, selanjutnya pada 1987 dan 2008 selama 17 hari.

Pada 1838 Wadi meluap, menciptakan danau seluas 200 mil persegi (520 kilometer persegi) dan bertahan selama dua tahun. 

Namun demikian, pihak berwenang telah menutup sekolah dan mendorong peringatan dari piihak berwenang agar orang-orang tetap tinggal di dalam rumah. 

Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mengumumkan pada awal Januari bahwa hujan lebat disertai angin kencang, terjadi di beberapa bagian Mekkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, al-Kamil, Bahra, Khulais, al-Laith, al-Qunfudhah, al-Ardiyat, Adham al-Baha, dan Asir. Hujan lebat juga melanda Madinah, al-Qassim dan Riyadh. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: