Cara Mendesain Ruangan yang Nyaman Untuk Anak Mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah)

Cara Mendesain Ruangan yang Nyaman Untuk Anak Mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah)

Cara Mendesain Ruangan yang Nyaman Untuk Anak Mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah)--

RADARUTARA.ID - Baik belajar secara langsung atau online, satu hal akan selalu benar: pekerjaan rumah adalah bagian dari belajar. Dan tidak peduli berapa banyak dorongan yang diberikan anak-anak kepada kita, menyelesaikannya adalah suatu keharusan. 

Terlepas dari usia, kelas, atau kelebihan dan kekurangannya dalam belajar, orangtua perlu menyediakan ruangan yang nyaman untuk digunakan anak mengerjakan PR.

Berikut adalah beberapa tips yang sangat mudah untuk mendesai ruangan yang nyman dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR):

1. Ciptakan Ruang yang Rapi

Dalam hal menciptakan ruang yang sempurna, menjaganya tetap teratur mungkin terdengar seperti hal yang mudah. Namun, karena terburu-buru menciptakan ruang untuk bekerja dan bermain, orang tua sering kali mengabaikan pentingnya kerapian untuk menciptakan ruang yang benar-benar bebas gangguan.

Bantu anak Anda memahami cara mengkategorikan barang dan menyingkirkan barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Buat laci atau pengatur di meja tempat barang-barang ini dapat disimpan tanpa mengganggu fokus. Tekankan pentingnya terorganisir agar tetap berinvestasi dan terlibat dalam pekerjaan sekolah.

2. Persiapkan Semua Kebutuhan Belajar Dalam Jangkauan

Sementara menghilangkan gangguan adalah suatu keharusan, di sisi lain persamaan adalah pentingnya membantu mempersiapkan ruang kerja anak Anda untuk belajar. Kebutuhan apa saja mulai dari alat tulis dan kalkulator hingga kertas lepas dan penajam pensil. Dan, tentu saja, item-item ini akan bervariasi berdasarkan usia, kelas, dan tingkat pembelajaran siswa.

Ini juga bermanfaat untuk memiliki dukungan yang tersedia di area ini juga. Misalnya, jika anak Anda memiliki ketidakmampuan belajar dan membutuhkan bagan perkalian untuk membantu mereka belajar, maka pastikan ini disematkan di papan buletin, di laci atas, atau di dinding.

3. Atur Posisi Ruangan

Dalam hal mendesain area pekerjaan rumah anak yang sempurna, salah satu elemen penting (dan sering diabaikan) adalah kemudahan akses dalam hal jalur.

Jika anak Anda tidak dapat dengan mudah masuk dan keluar ruangan, itu mengganggu dan dapat menjadi perhatian praktis, terutama jika anak Anda memiliki masalah mobilitas atau tantangan dengan keterampilan motorik. Belum lagi ada lebih banyak peluang gangguan jika orang tidak dapat dengan mudah dilewati.

Pastikan untuk mengatur area pekerjaan rumah anak Anda di area yang jarang dikunjungi, terutama di mana ada ruang untuk diatur tanpa merasa sesak atau stres. 

4. Desain Dengan Memikirkan Kedekatan Orang Tua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: