Ilmuwan Berhasil Menanam Tanaman di Tanah dari Bulan

Ilmuwan Berhasil Menanam Tanaman di Tanah dari Bulan

Ilmuwan Berhasil Menanam Tanaman di Tanah dari Bulan--

RADARUTARA.ID - Penelitian baru yang didanai NASA membuka jalan baru dalam studi pertumbuhan tanaman

Pada awal misi Apollo ke bulan, astronot Apollo mengambil material tanah permukaan bulan, yang disebut regolith, membawanya kembali ke bumi untuk penelitian di masa depan. 

Lima puluh tahun kemudian, selama era Artemis, astronot berikutnya membawa sampel tanah yang berhasil digunakan para peneliti untuk menanam tanaman.

Dikutip dari The Futurist, selama penelitian, para peneliti menanam biji Arabidopsis thaliana dan sayuran silangan lainnya, termasuk kembang kol dan brokoli, di tanah bulan yang miskin nutrisi. 

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal "Communications biology", para peneliti dari University of Florida menunjukkan bahwa tumbuhan dapat bertunas dan tumbuh di tanah bulan. 

Studi ini juga meninjau bagaimana tumbuhan secara biologis merespons tanah bulan.

Pencarian kehidupan di luar bumi telah mendapatkan momentum, dengan kunjungan luar angkasa kini menjadi hal yang umum. 

Para ilmuwan secara eksplisit berfokus pada bulan, mempelajari berbagai objek, termasuk tanah bulan. Kehidupan tumbuhan sangat penting untuk mendukung misi luar angkasa dan kemungkinan mendirikan pangkalan bulan.

Para ilmuwan sekarang mempelajari tanah dari bulan untuk melihat apakah tumbuhan akan tumbuh, yang merupakan langkah penting dalam eksplorasi bulan. 

Studi ini juga membantu memahami apakah ada patogen atau elemen yang berbahaya bagi kehidupan. 

Menurut NASA, mempelajari tanah bulan dapat membantu kita mengetahui bagaimana tumbuhan dapat bertahan dalam kondisi stres di daerah yang kekurangan makanan. Selain itu, studi tanah bulan menyelidiki respons biologis tumbuhan dan seberapa mungkin untuk mendukung kunjungan ruang angkasa di masa depan.

Penelitian di tanah bulan sangat penting untuk membuka inovasi, terutama dalam usaha pertanian. Ilmuwan dan ahli yang diakui secara internasional dalam studi tanaman di luar angkasa, Anna-Lisa Paul dan Rob Ferl berhasil menunjukkan bahwa tanaman dapat tumbuh di tanah bulan.

Penelitian ini dilakukan di University of Florida menggunakan sampel yang diperoleh dari Apollo 11, 12, dan 17. 

Penelitian ini didanai oleh NASA, membuktikan bahwa menanam tanaman di bulan mungkin terjadi di masa depan. Para ahli menemukan bahwa tanah bulan tidak mengganggu atau mengganggu sinyal dan hormon yang bertanggung jawab untuk perkecambahan tanaman selama penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: