Daftar 15 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022 Versi Forbes

Daftar 15 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022 Versi Forbes

Daftar 15 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022 Versi Forbes--

RADARUTARA.ID - Didukung oleh harga global yang tinggi untuk ekspor komoditas Indonesia, ekonomi Indonesia diperkirakan akan tumbuh 5,3% pada tahun 2022, menyusul kenaikan sebesar 3,7% pada tahun 2021. Namun, momentum tersebut dapat ditahan oleh akselerasi inflasi.

Indeks acuan pasar saham naik 8% sejak terakhir Forbes mengukur kekayaan, yang membantu mengangkat kekayaan kolektif dari 50 orang terkaya ke rekor $180 miliar, naik dari $162 miliar tahun lalu.

Sebanyak 22 taipan mengalami peningkatan kekayaan bersih mereka tahun ini, termasuk tiga besar. Saudara R. Budi dan Michael Hartono tetap di No. 1 dengan kekayaan $47,7 miliar, naik $5,1 miliar dari tahun lalu.

Itu sebagian karena IPO Global Digital Niaga mereka pada November, induk dari raksasa e-commerce Blibli, yang mengumpulkan 8 triliun rupiah ($510 juta) dalam IPO terbesar kedua di Indonesia.

Harga batu bara yang lebih tinggi di tengah krisis energi global mendorong Low Tuck Kwong ke posisi kedua dengan lonjakan kekayaannya hampir lima kali lipat menjadi $12,1 miliar. 

Melonjaknya saham Bayan Resources miliknya, penambang batu bara terbesar keempat di negara itu, membuatnya menjadi pemenang terbesar tahun ini baik dalam persentase maupun dolar. 

Keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas merosot ke No. 3, tetapi pemulihan bisnis kertas grup membantu meningkatkan kekayaan mereka sebesar $1,1 miliar menjadi $10,8 miliar.

Overdrive ekspansi di jaringan toko serba ada Alfamart membuat Djoko Susanto menjadi pemenang besar lainnya tahun ini. 

Setelah melipatgandakan kekayaannya menjadi $4,1 miliar, Susanto masuk dalam 10 besar untuk pertama kalinya. Secara keseluruhan di antara para pemenang, setengah lusin naik lebih dari $1 miliar. Ada total kekayaan lebih dari 46 miliar dolar, naik dari 41 tahun lalu.

Veteran perbankan Jerry Ng, yang merupakan pemenang terbesar tahun lalu dalam persentase, melihat kekayaan bersihnya turun paling banyak baik dalam persentase (63%) dan dolar ($2 miliar). 

Saham Bank Jago miliknya jatuh dari puncaknya karena investor menganggap pemberi pinjaman dinilai terlalu tinggi. Pajak rokok yang lebih tinggi menyeret kekayaan pengusaha tembakau Susilo Wonowidjojo sebesar $1,3 miliar menjadi $3,5 miliar.

Berikut daftar 15 orang terkaya di Indonesia versi Forbes:


Daftar 15 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022 Versi Forbes--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: