Orangtua Perlu Tahu, Begini Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Orangtua Perlu Tahu, Begini Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Orangtua Perlu Tahu, Begini Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja--

RADARUTARA.ID - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya bisa membaca di usia dini. Karena membaca merupakan salah satu titik awal untuk mengenal dunia.

Sebelum belajar membaca tentunya mengeja merupakan tahap pertama dalam mengajari anak. Namun ada sebagian anak yang mengalami kesulitan dalam mencerna bunyi, menulis dan sulit untuk fokus sehingga mengeja pun menjadi sulit. 

Namun orang tua jangan khawatir, ternyata mengajari anak membaca tidak harus dengan mengeja.

Hal-hal ini bisa dilakukan orang tua dan tidak kalah efektifnya. Apa saja itu? Mari kita simak:

1. Kenalkan bunyi huruf menggunakan lagu

Metode ini seperti mengenalkan huruf melalui asosiasi kata, namun penerapannya dibuat dengan lagu agar lebih mudah diingat oleh anak. Misalnya, huruf A ada di dalam kata ayam, huruf B ada di dalam kata baju, dan huruf C di kata Cicak. 

2. Memadukan abjad menjadi suku kata

Mengajarkan anak dengan suku kata yang terdiri dari dua abjad, misalnya n-a dibaca na, s-a dibaca sa. Tunjukan suku kata ini melalui whiteboard, kemudian ajak anak menyebutkannya berulang-ulang sehingga kata tersebut anak terekam di memorinya dan anak bisa membaca tanpa mengeja terlebih dahulu.

3. Belajar huruf melalui permainan

Metode dengan bermain merupakan hal yang sangat disukai oleh anak-anak. Orangtua bisa mengajak anak bermain mencocokan gambar dengan bunyi, dimulai dengan menyiapkan kertas bertuliskan huruf, kemudian ajak si kecil untuk memilih salah satu kertas tersebut. 

Setelah itu anak harus membunyikan huruf yang tertera pada kertas yang ia pilih. 

4. Kenalkan bunyi huruf dalam berbagai kata

Orangtua bisa menerapkan dengan mengenalkan bunyi dalam berbagai kata. Misalnya, bunyi huruf 'm' yang ada di kata meja, mata dan muka. 

Minta anak untuk menyebutkan kata yang diawali dengan huruf tersebut, makin lama anak akan akrab dengan bunyi dan pengaplikasian huruf tersebut dalam berbagai kata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: