CPNS 2023 Akan Segera Dibuka, 10 Jurusan Ini Bikin Kamu Berpeluang Besar jadi PNS

CPNS 2023 Akan Segera Dibuka, 10 Jurusan Ini Bikin Kamu Berpeluang Besar jadi PNS

CPNS 2023 Akan Segera Dibuka, 10 Jurusan Ini Bikin Kamu Berpeluang Besar Jadi PNS--

RADARUTARA.ID - Profesi Pegawai Negri Sipil (PNS) masih menjadi impian bagi setiap kalangan. 

Bagi calon mahasiswa bisa mempersiapkan diri dengan memilih jurusan yang berpeluang besar jadi PNS. Dan bagi kamu yang telah lulus dengan salah satu dari 10 jurusan dibawah ini, segera bersiap karena CPNS 2023 akan dibuka dalam waktu dekat.

1. Jurusan Politik dan Pemerintahan

Prospek kerja untuk lulusan jurusan ini ialah sebagai praktisi maupun peneliti sektor pemerintahan maupun swasta, pegawai Kementrian Sosial dsb. Tentu saja jurusan ini memiliki peluang yang cukup besar untuk berkaris sebagai abdi negara. 

2. Jurusan Pendidikan

Jurusan Pendidikan berpeluang untuk menjadi PNS sebagai guru yang bertugas mencerdaskan anak bangsa. Prodi yang bisa dipilih ialah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, Pendidikan guru PAUD dsb. Guru pun juga bisa mengikuti seleksi CASN melalui CPNS atau PPPK. 

3. Jurusan Kesehatan

Kebutuhan tenaga kesehatan di formasi CPNS sangat besar, sehingga peluang untuk menjadi PNS pun juga besar. Calon mahasiswa dapat memilih prodi pengobatan tradisional, kebidanan, keperawatan, epidemiologi dsb.

4. Jurusan Hukum

Tenaga ahli yang dibutuhkan Pemerintah dalam sektor hukum sangat banyak seperti formasi di Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, dan Kemenkumham. Formasi tersebut memerlukan lulusan S1 hukum maupun ilmu hukum.

5. Jurusan Manajemen

Lulusan ini memiliki banyak kesempatan di sektor pemerintahan, contohnya untuk posisi perencanaan dan penata kanselerai, analis kelembagaan, arsiparis dll. Jurusan Manajemen ini banyak dibutuhkan oleh Kementrian Luar Negri.

6. Jurusan Teknologi Informasi

Tenaga yang dibutuhkan di sektor pemerintahan pada jurusan ini ialah IT system. Jurusan Teknologi Informasi ini berpeluang besar karena aktivitas manusia yang semakinbanyak dilakukan secara digital. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: