5 Pertanyaan Konyol Tentang Makanan yang Menambah Wawasanmu

5 Pertanyaan Konyol Tentang Makanan yang Menambah Wawasanmu

5 Pertanyaan Konyol Tentang Makanan yang Menambah Wawasanmu--

RADARUTARA.ID - Makanan merupakan sesuatu yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energi. energi dari Makanan itulah yang bisa membuat makhluk hidup bisa menjalankan seluruh sistem dalam tubuh secara optimal dan bertahan hidup. 

Seorang wanita pengusaha Amerika Serikat, Bethenny Frankel mengatakan "Yor diet is a bank account. Good food choices are good investments" (Dietmu adalah akun bankmu. Pilihan makanan yang baik adalah investasi yang baik). 

Namun pernahkah kita bertanya-tanya tentang makanan yang kita makan? Megapa bentuknya seperti ini? Apa bahan untuk membuat makanan tententu? Mengapa rasa makanan seperti ini? Dan lain sebagainya. 

Berikut list pertanyaan konyol seputar makanan yang bisa menambah wawasanmu, check it out!

1. Mengapa ketika diguncang minuman bersoda menyembur?

Saat pembuatan minuman bersoda, ada mesin khusus yang digunakan untuk memasukkan gas karbon dioksida ke dalam botolnya. Sebagaian kecil gas akan larut dalam soda dan sebagaian lagi tidak. Karbon dioksida yang tidak larut selalu berusaha keluar dari dalam botol. 

Saat pertama kali membuka botol minuman soda terdengar bunyi desisan. bunyi ini berasal dari karbon dioksida yang naik ke atas botol yang dalam keadaan diam. Namun karbon dioksida ini akan bercampur dengan soda cair dibawahnya jika botol diguncang sesaat sebelum dibuka. Hal ini membuat gejolak dari dalam botol, akibatnya saat membuka tutup botol soda akan menyembur bersama karbon dioksida.

2. Mengapa donat memiliki lubang di tengahnya?

Donat pertama kali muncul di Amerika Serikat pada abad ke-18. Karena peralatan  masak belum canggih saat itu maka dibuatlah lubang di tengah donat agar matang secara merata. Karena jika tidak dibuat lubang donat hanya akan matang pada bagian luarnya sementara di dalamnya masih mentah.

3. Mengapa cokelat yang berwarna putih disebut cokelat juga?

Sebelumnya harus dibedakan antara "makanan cokelat (chocolate)" dengan "warna cokelat (brown)". Makanan cokelat berasal dari biji kakao yang kebetulan dalam bahasa Indonesia makanan cokelat itu berwarna cokelat. Nahh, sedangkan cokelat putih merupakan jenis makanan yang berasal dari lemak biji kakao yang dicampur dengan susu, gula, dan vanili sehingga menghasilkan cokelat putih. 

4. Mengapa cokelat disebut moodboster?

Berdasarkan penelitian cokelat mengandung ratusan bahan kimia serotonin yang akan mempengaruhi tubuh manusia menjadi lebih baik. Serotonin akan membuat rileks dan memberikan efek menyenangkan untuk orang yang memakannya.

5. Mengapa susu bisa membuat tulang kuat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: