Mengenal Hari Galungan, Link Twibbon Ucapan Hari Galungan Komplit

Mengenal Hari Galungan, Link Twibbon Ucapan Hari Galungan Komplit

Mengenal Hari Galungan, Link Twibbon Ucapan Hari Galungan Komplit--

RADARUTARA.ID - Hari Galungan adalah hari yang sangat penting bagi masyarakat Hindu baik itu di Bali maupun di berbagai wilayah di Indonesia. Hari Galungan jatuh pada hari Rabu, 4 Desember 2023. 

Menurut Wikipedia, Hari raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu Bali setiap 210 hari sekali, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Sebelum Hari Galungan, masyarakat Hindu di Bali akan melakukan berbagai persiapan, termasuk membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, membuat penjor (tiang dengan dekorasi dari daun kelapa yang ditempatkan di depan rumah), dan memasak makanan khusus yang disajikan sebagai ofering kepada Dewa-dewa dan leluhur.

Pada Hari Galungan, masyarakat Hindu akan berpakaian adat dan mengikuti upacara persembahan di Pura (temple).

Galungan pertama kali dirayakan pada malam bulan purnama tanggal 15, tahun Saka 804 atau 882 Masehi. Perayaan Galungan sempat terhenti dan dihidupkan kembali oleh Raja Sri Jayakasunu.

Galungan dirayakan untuk memperingati kemenangan Dewa Indra melawan Mayadenawa atau kebaikan melawan kejahatan.

Hari Galungan dianggap sebagai hari yang penuh berkah dan dianggap sebagai hari dimana para dewa dan leluhur turun ke bumi untuk memberikan berkah pada keluarga mereka yang masih hidup. Oleh karena itu, masyarakat Hindu di Bali akan merayakan Hari Galungan dengan penuh suka cita dan kegembiraan.

Sebagai ucapan sukacita dan memberikan penghargaan, bagi Anda yang ingin memberikan ucapan, berikut link Twibbon Hari Raya Galungan dan Hari Raya Kuningan:

1. https://www.twibbonize.com/mxue

2. https://www.twibbonize.com/galungandankuninganjanuari2023

3. https://www.twibbonize.com/monarchnegaragalungan

4. https://www.twibbonize.com/galungandankuningan2023

5. https://www.twibbonize.com/aryadika

6. https://www.twibbonize.com/harirayagalungan2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: