Terbaru, Ini Ciri-ciri Uang Palsu yang Harus Kamu Ketahui

Terbaru, Ini Ciri-ciri Uang Palsu yang Harus Kamu Ketahui

Uang asli dan uang palsu yang sekilas tak terlihat perbedaannya.--

RADARUTARA.ID - Keberadaan uang palsu saat ini masih beredar luas di lapangan, namun sebagian besar masyarakat masih cukup sulit membedakan antara uang asli dan uang palsu.

Hal ini dikarenakan saat ini teknologi yang digunakan oknum pencetak uang palsu semakin canggih, sehingga antara uang asli dan palsu sudah hampir identik.

Namun demikian, berikut tujuh ciri-ciri uang palsu dan pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh masyarakat:

Pertama, tekstur uang seperti uang biasa hal ini dikarenakan biasanya uang palsu dicetak di kertas biasa yang bertekstur halus dan licin, sementara uang asli dicetak di kertas kasar dan berserat karena terbuat dari serat kapas, 

Kedua, tidak multi warna, karena walaupun sudah dicetak dengan sama persis, namun ada perbedaan warna yang cukup mencolok jika dilihat dari sudah tertentu untuk uang asli sementara uang palsu tidak berubah.

Ketiga, umumnya benang pengaman menyatu dengan uang asli dan benang ini adalah salah satu tanda uang asli karena diuang palsu biasanya cukup sulit ditiru. 

Keempat, gambar, angka dan logo BI tidak menyala jika disinari sinar UV, sedangkan untuk uang asli akan langsung menyala, bahkan dibagian yang menyala tersebut akan terdapat gambar, angka dan logo BI.

Kelima, Kode tunatera tidak terasa saat diraba, padahal pada uang asli tanda tunatera akan terasa kasar saat diraba dan berada di sisi kanan dan kiri uang asli. 

Keenam, tidak adanya cetakan kasar di beberapa bagian selain pada bagian kode tunanetra, padahal di uang asli terdapat beberapa bagian yang terasa kasar, yakni di nominal uang, logo garuda dan tanda lainnya.

Terakhir, tidak ada Rectoverso saat diterawang, padahal di uang asli khususnya rupiah didesain dengan gambar saling isi alias rectoverso dari logo Bank Indonesia (BI).

Logo tersebut dapat dilihat jika uang rupiah diterawang ke arah cahaya, sedangkan, uang palsu umumnya tidak memiliki gambar rectoverso tersebut.

Demikian ciri-ciri uang palsu yang mungkin bisa kamu temui di lapangan, jadi pastikan selalu waspada dan juga menerapkan 3D yakni dilihat, diraba dan diterawang guna memastikan uang yang kita terima memang benar-benar asli. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: