Jangan Anggap Remeh, 14 Manfaat Ceplukan, Bisa Turunkan Darah Tinggi dan Anti Aging

Jangan Anggap Remeh, 14 Manfaat Ceplukan, Bisa Turunkan Darah Tinggi dan Anti Aging

Manfaat tanaman buah ceplukan bisa turunkan darah tinggi, anti aging dan solusi kecantikan lain--

RADARUTARA.ID - Tanaman ceplukan atau ciplukan, dalam Bahasa Sunda disebut Cecenet, yang juga dikenal dengan nama tanaman "Ficus septica" adalah salah satu jenis tumbuhan buah liar yang biasa ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki iklim lembab dan panas, seperti di dekat sumber air atau di daerah yang memiliki kelembapan yang tinggi.

Tanaman ceplukan memiliki daun yang hijau dan berbentuk lonjong agak bulat, serta memiliki buah yang berwarna hijau dan jika masak akan berwarna kuning keemasan. Tanaman ini juga memiliki akar yang berwarna putih terkadang sedikit coklat.

Tanaman ceplukan biasanya tumbuh menjadi pohon kecil dengan tinggi sekitar 40 centimeter atau lebih, namun di luar negeri, tingginya bisa mencapai 3-5 meter, ini lantaran menjadi tanaman yang dipelihara dengan baik.

Di negara lain, ciplukan disebut golden berry, inca berry, peruvian groundcherry, poha berry, goldenberry, husk cherry atau cape gooseberry. Harganya sangat mahal, di Brunei Darussalam, harga per buah mencapai Rp10 ribu. Sementara di Jakarta, harga per kilonya tembus hingga Rp500 ribu.

Tanaman ceplukan yang di Sumatera dikenal dengan sebutan buah leletop, merupakan tanaman yang mudah ditanam dan dipelihara, sehingga dapat menjadi pilihan tepat untuk menambah keindahan dan kesehatan rumah Anda. Selain itu, tanaman ini juga ramah lingkungan karena mampu menyerap polutan di udara. 

1. Sebagai penghias rumah: Tanaman ceplukan memiliki daun yang hijau dan berbentuk bulat, sehingga dapat menambah keindahan rumah Anda.

BACA JUGA:Perokok Harus Tahu, Rebusan Tanaman Ini Hilangkan Nikotin dalam Tubuh

2. Mampu menyerap karbon dioksida: Tanaman ceplukan mampu menyerap karbon dioksida di udara sekitar, sehingga dapat mengurangi polusi udara di rumah Anda.

3. Mencegah penyakit: Tanaman ceplukan dapat membantu mencegah penyakit seperti batuk, pilek, dan sesak nafas karena dapat menghasilkan uap air yang bermanfaat bagi pernapasan.

4. Menurunkan stres: Menurut sebuah studi, mengelilingi diri dengan tanaman dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Sebagai air purifier: Tanaman ceplukan dapat membantu membersihkan udara dari polutan seperti formaldehid dan trichloroethylene yang dapat merusak kesehatan.

BACA JUGA:Mulai dari Haid sampai Jantung, Daun Ubi Jalar Ampuh untuk Kesehatan

6. Mencegah kelembapan: Tanaman ceplukan juga dapat membantu mencegah kelembapan di rumah, sehingga dapat mencegah timbulnya jamur dan bakteri.

7. Dapat dipanen: Daun tanaman ceplukan dapat dipanen dan dimasak sebagai sayuran. Daun tanaman ini memiliki rasa yang sedikit pahit namun kaya akan nutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: