Begini Cara Mendapatkan Bibit Sayur Gratis di Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara

Begini Cara Mendapatkan Bibit Sayur Gratis di Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara

Bibit Sayur Gratis di Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID - Berbicara tentang kebutuhan manusia maka tidak terlepas dari sandang, pangan dan papan sebagai kebutuhan primer. Manusia tidak akan bertahan hidup tanpa terpenuhinya 3 aspek kebutuhan primer ini. Untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik maka diperlukannya ketahanan pangan yang menjadi prasyarat mutlak dan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.

UU No. 18/2012 menjelaskan pengertian ketahanan pangan yaitu, "kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan”.

Pangan yang sesuai dengan standar kesehatan mayoritas masyarakat yaitu yang memiliki niai gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, serat, mineral dan vitamin. Semua nilai gizi tersebut bisa didapati dengan mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna, diantaranya nasi, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan susu. 

Sayur mayur menjadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh, dikutip dari Kemenkes RI sayur mayur memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia yaitu:

1. Mencegah dan mengurangi stres berlebih

2. Memperlancar buang air besar

3. Mencegah penyakit jantung dan kanker

4. Mempertahankan berat badan seimbang

5. Sumber energi tubuh

6. Membersihkan racun dalam tubuh (Detoksifikasi)

7. Mencegah kelahiran bayi cacat

8. Menjaga kesehatan mata

9. Membuat kulit sehat

10. Memperkuat tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: