Optimalkan Ketahanan Pangan, 20.000 Benih Ikan Ditebar

Optimalkan Ketahanan Pangan, 20.000 Benih Ikan Ditebar

Proses penebaran 20.000 bibit ikan di Desa Banyumas Lama Kecamatan Kerkap.--

KERKAP RU.ID - Untuk mengoptimalkan program ketahanan Pangan di tahun 2022 ini Pemerintah Desa (Pemdes) Banyumas Lama Kecamatan Kerkap pada Rabu (21/13) melakukan penebaran 20.000 bibit ikan. 

Kades Banyumas Lama, Indra Nadi menyampaikan, penebaran bibit ikan ini adalah salah langkah yang dilakukan oleh Pemerintah desa dalam mendukung program pemerintah mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan nasional.

"Penebaran benih ikan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan ketahanan pangan demi terwujudnya kedaulatan pangan masyarakat melalui ketersediaan (produksi dan cadangan), keterjangkauan, konsumsi, dan gizi serta keamanan pangan berbasis bahan baku, sumber daya, dan kearifan lokal, selain penebaran ikan di kolam milik desa, kita juga melakukan penanaman sayur mayur," sampai Indra. 

Diungkapkan pula oleh Indra, Pihaknya sengaja memilih bibit ikan sebagai sarana penguatan pangan sesuai dengan usulan dari masyarakat. Apalagi ditegaskannya pula hal ini didukung oleh Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Desa Banyumas.

"Kami targetkan bibit tumbuh dan berkembang hingga tiga bulan kedepan. Sesudah itu akan dilakukan panen massal bersama warga, dimana hasilnya nanti selain untuk masyarakat juga akan dilakukan pembelian bibit ikan lagi," ungkap Indra. 

Sementara itu, Camat Kerkap Benhar S. IP mengapresiasi langkah Pemdes Banyumas Lama yang memilih budidaya ikan sebagai langkah mendongkrak ketahanan pangan desa. Bagi camat, jumlah bibit yang ditebar Pemdes sangatlah besar. Bibit tersebut ditaksir bisa menghasilkan belasan ton ikan segar jika dikelola dengan baik.

“Untuk skala budidaya, kami lihat apa yang dilakukan Pemdes Banyumas ini sangat potensial," ujar Camat 

Maka itu sambung Camat budidaya tersebut harus dikerjakan maksimal. Pemdes tidak boleh lalai apalagi kurang memperhatikan bibit yang telah ditebar tersebut.

"Karena ini untuk masyarakat jadi harus menjadi tanggung jawab bersama," Demikian Camat. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: