6 Cara Mengatasi Masalah Hidup, Berikut Ulasannya

6 Cara Mengatasi Masalah Hidup, Berikut Ulasannya

Problematika Hidup Bisa Terselesaikan Dengan 6 Hal Ini--

RADARUTARA.ID - Masalah hidup atau masalah kehidupan menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Setiap manusia yang masih bernafas pasti merasakan masalah dengan frekuensi yang berbeda-beda seperti hutang, belum memiliki pekerjaan, urusan rumah tangga yang retak, belum bertemu jodoh dan lain sebagainya.

Semua persoalan dan masalah hidup ini bisa teratasi jika menyikapinya dengan sabar dan ikhtiar serta senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Swt sebagai zat Yang Maha Kuasa.

Salah seorang tokoh dari Mesir, Muhammad Shiddiq al-Mansyawi dalam kitabnya Mafatih al-Faraj yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan judul "Selalu Menemukan Jalan Keluar" (6 Kunci Pembuka Problem Hidup Orang Beriman). Di dalam buku ini tertulis 6 solusi bagi orang yang mengalami kegelisahan hidup, dan kegelisahan tersebut bisa diatasi dengan al-Qur'an, asmaul husna, shalat, shalawat Nabi, doa dan tawashul. 

AL-Mansyawi menjelaskan bahwa al-Qur'an sebagai kitab suci bisa menjadi obat untuk problematika kehidupan. Seperti membaca surah Yasin jika ingin urusan dipermudah oleh Allah Swt. Mengutip perkataan dari Ibnu Abbas: "Barangsiapa membaca surah Yasin pada waktu pagi, hari itu ia akan diberi kemudahan hingga sore hari. Barangsiapa membacanya pada malam hari, malam itu ia akan diberi kemudahan hingga waktu shubuh tiba."

Hal yang juga menjadi solusi menghadapi problematika hidup ialah asmaul husna (nama-nama Allah yang baik). Dengan menjadikan asmaul husna sebagai dzikir harian maka selain masalah yang dihadapi sirna seketika, juga bisa membuat seseorang menjadi cerdas dan lebih mengenal Allah Swt sehingga merasa dekat dengan Allah Swt tanpa keraguaan. 

Lalu shalat. Jelas saja shalat yang menjadi penentu baik atau buruknya amal seseorang bisa menjadi obat yang paling mujarab untuk menenangkan hati dan mengatasi segala kegelisahan hidup. Seperti orang yang ingin meminta petunjuk, bisa melakukan shalat istikharah atau seseorang yang memiliki keinginan besar yang sekiranya susah digapai maka bisa melakukan shalat tahajud dan shalat hajat. 

Selanjutnya bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw dengan lafaz "Allahumma shalli 'ala muhammad wa 'ala aali muhammad". Selain bisa menjadi salah satu umat yang mendapatkan syafaat Nabi Saw di hari akhir nanti, bershalawat kepadanya bisa menepis segala kegelisahan dan mempermudah urusan. Menurut al-Mansyawi hal ini sangat wajar sebab Allah Swt juga turut bershalawat kepada Nabi-Nya.

Terakhir ialah tawashul. Yang dimaksud dengan tawashul ialah cara, jalan atau perantara untuk membuat hidup menjadi lebih tenang dan bisa menyelesaikan persoalan hidup. Contohnya, dengan cara bersedekah, menolong orang lain dan lain sebagainya. Percayalah, dengan menerapkan enam kunci di atas, InsyaAllah kehidupan kita akan lebih tenang dan terhindar dari kegelisahan dan kesempitan hidup. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: