Ini Hasil Penilaian Akreditasi RS Lagita

Ini Hasil Penilaian Akreditasi RS Lagita

Penyampaian hasil penilaian akreditasi di Rumah Sakit Lagita, Ketahun--

KETAHUN RU.ID - Akreditasi rumah sakit adalah bentuk pengakuan terhadap mutu layanan rumah sakit. Penilaian ini sendiri tidak dapat dilakukan oleh pihak rumah sakit itu sendiri. Jika rumah sakit telah dinilai, maka rumah sakit tersebut akan mendapat standar Akreditasi yang tingkatannya berdasarkan hasil penilaian.

Sebagai institusi pemberi layanan kesehatan, rumah sakit biasanya memberikan layanan berupa penyediaan rawat inap, rawat jalan dan layanan gawat darurat. Akreditasi juga merupakan pedoman tingkat pencapaian yang harus dipenuhi rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Di Rumah Sakit Lagita, Ketahun saat ini pun telah mendapatkan pengakuan mutu layanan yang didapatkan dari hasil penilaian oleh Lembaga Akreditasi RS Damar Husada Paripurna.

Hasilnya, sesuai surat keterangan yang disampaikan oleh Direktur Lembaga Akreditasi RS Damar Husada Paripurna. Bahwa RSUD Lagita telah melakukan proses akreditasi dan mendapat status akreditasi "Utama" dengan pencapain empat buah bintang. 

Direktur RSUD Lagita, dr Normala Tarigan, mengatakan. Akreditasi ini didapatkan setelah kunjungan penilaian dari tim surveyor Lembaga Akreditasi RS Damar Husada Paripurna yang berlangsung pada tanggal 5-9 Desember 2022 lalu.

"RSUD Lagita berdasarkan penilaian mendapatkan status Akreditasi Utama," ungkapnya.

Menurut Normala, dengan Akreditasi tingkat utama, hal ini diartikan RSUD Lagita telah memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang ditentukan sehingga dapat memberikan pelayanan medis prima yang berorientasi pada keselamatan pasien, fokus terhadap kebutuhan pasien, efektif dan kompetitif, menyediakan layanan baru sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi menciptakan kepuasan bagi masyarakat. 

"Akreditasi RS sendiri merupakan upaya untuk melindungi pasien dari pelayanan sub-standar melalui pelayanan yang sesuai dengan standar dan prosedur. Mulai dari sumber daya manusia, administrasi dan komunikasi, peralatan medis, hingga fasilitas penunjang lain serta upaya peningkatan mutunya," lanjutnya.

Sementara itu, mengenai keberhasilan meraih akreditasi Utama tersebut, Normala menyampaikan ini merupakan kerja keras seluruh staf dan karyawan RSUD Lagita.

"Keberhasilan meraih akreditasi dengan lulus Utama ini bukanlah akhir. Namun merupakan upaya peningkatan kualitas secara terus menerus. Setiap peluang untuk melakukan perbaikan akan dilakukan oleh manajemen RSUD Lagita demi meningkatkan mutu layanan dan demi keselamatan pasien. Kami berharap, setelah kelulusan ini seluruh pegawai dapat membudayakan standar kerja yang lebih bermutu dan mengutamakan keselamatan pasien sebagaimana tujuan utama dari akreditasi," demikian Normala. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: