Swadaya, Seluruh Rumah Warga Desa Karya Bakti Difogging

Swadaya, Seluruh Rumah Warga Desa Karya Bakti Difogging

Menanggulangi penyebaran demam berdarah yang sempat menyerang warganya, Pemdes Karya Bakti lakukan fogging massal--

MARGA SAKTI SEBELAT, RU.ID - Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini menjadi perhatian serius bagi masyarakat untuk mewaspadai datangnya sejumlah penyakit. Salah satunya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Mengantisipasi dan menangkal penyakit DBD, Pemerintah Desa Karya Bakti, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) berupaya melakukan fogging di perumahan warga secara swadaya. 

Dikatakan Kepala Desa Karya Bakti, Suprapto, fogging swadaya yang diinisiasi oleh Pemdes Karya Bakti ini pun tak hanya fokus kepada lokasi timbulnya kasus. Tetapi dilaksanakan di seluruh rumah warganya.

"Kasus DBD yang menimpa warga kita sejak beberapa bulan terakhir lumayan tinggi. Sehingga kami dari desa memutuskan untuk melaksanakan fogging massal secara swadaya," ungkapnya.


Untuk melaksanakan fogging ini, aparatur Pemerintah Desa Karya Bakti dibantu TNI/Polri dan petugas kesehatan dari Puskesmas Suka Makmur--

Dikatakan Suprapto, kegiatan ini murni merupakan inisiasi dari pemerintah desa. Dalam pelaksanaannya, Suprapto, tak menepis jika obat-obatan yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan fogging massal di desanya itu tidak terlepas bantuan dari sejumlah pihak. Khususnya terkait kebutuhan obat dan mesin fogging yang dibackup penuh oleh Partai Perindo Provinsi Bengkulu. 

"Untuk obat-obatan dan mesin fogging kita dibantu secara penuh kebutuhannya oleh Partai Perindo Provinsi Bengkulu. Sementara untuk kebutuhan operasional fogging lainnya seperti kebutuhan BBM, tenaga dan lain sebagainya murni dari desa," terangnya.

Suprapto berharap, aksi fogging swadaya yang ditempuh oleh desa ini dapat mengendalikan dan mengakhiri kasus DBD yang menimpa masyarakatnya. Namun di sisi lain, Suprapto, juga tak lupa untuk mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakatnya agar tidak bergantung dengan hasil dari kegiatan fogging yang dilaksanakan ini. Pasalnya, menurut Suprapto, dalam pencegahan dan pengendalian kasus DBD dibutuhkan peran aktif dari masyarakat. Masyarakat juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dari tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk DBD. 


Dengan aksi fogging massal ini, diharapkan DBD tak lagi menjangkiti warga Desa Karya Bakti--

"Kita dari desa sudah fasilitasi kegiatan fogging masal untuk membunuh nyamuk dewasa. Selanjutnya kita berharap masyarakat bisa menyambut langkah konkret yang dilakukan desa dengan fokus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dari tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk," pintanya.

Suprapto juga menyampaikan terima kasih pada sejulah pihak yang telah bersedia memberikan bantuan dan mendukung penuh jalannya gogging massal di desanya. Harapannya, setelah difogging, kasus DBD di desanya bisa terkendali dan berakhir. 

"Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada jajaran pengurus Partai Perindo Provinsi Bengkulu yang sudah membantu obat-obatan dalam pelaksanaan fogging ini. Begitu dengan aparatur desa, BPD, masyarakat hingga unsur TNI-Polri dan tenaga kesehatan Puskesmas Suka Makmur yang sejak awal telah mendampingi pemerintah desa dalam menanggulangi kasus DBD yang berlangsung sejak beberapa bulan terakhir. Semoga dengan upaya yang kita tempuh, ini. Kasus DBD di Desa Karya Bakti bisa terkendali dan berakhir," demikian Kades. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: