Diserang Tawon Gung, 1 Warga Meninggal Dunia

Diserang Tawon Gung, 1 Warga Meninggal Dunia

Petugas medis di Puskesmas Karang Pulau saat memberikan penanganan pada warga yang disengat tawon--


PUTRI HIJAU RU.ID - Sedikitnya ada 7 kasus sengatan tawon gung yang menimpa warga yamg kemudian dilarikan ke Puskesmas Karang Pulau, Kecamatan Putri Hijau. Mirisnya, akibat serangan tawon yang memiliki nama ilmiah Apis Dorsata ini menimbulkan satu kasus kematian alias meninggal dunia.

Kepada RadarUtara.ID, Kepala Puskesmas Karang Pulau, Hendro Lasimo, S.KM, mengatakan saat ini sedang marak terjadi serangan tawon. Total hingga saat, ada 7 kasus sengatan tawon yang sempat ditangani oleh pihak Puskesmas Karang Pulau

"Salah satu korbannya sempat meninggal dunia," ungkapnya.

Jenis tawon yang kerap menyerang warga itu, adalah jenis tawon gung atau lebah madu liar yang habitatnya di hutan dan sulit dibudidayakan. Biasanya, tawon jenis ini membuat satu sisiran rumah yang nantinya menjadi tempat madu di dahan pohon. Biasanya pada kasus sengatan yang terjadi, korbannya menderita lebih dari satu gigitan. 

BACA JUGA:Ini Motif Ayah Tiri di Putri Hijau Cabuli Anaknya

"Kalau sengatannya lebih dari 4-5 sengatan itu bisa lumayan fatal. Apalagi bagi korban yang memiliki riwayat alergi. Dampak gigitan tawon tersebut bisa berujung kematian, ini terjadi karena sesak nafas dan gagal jantung yang kemudian mengakibatkan korbannya meninggal dunia seperti kasus kematian yang pernah terjadi sebelumnya," imbuhnya.

Dalam kasus sengatan tawon, Hendro menyarankan pada masyarakat agar waspada dan tidak menganggap sepele. Apabila mengalami sengatan tawon sebaiknya korban segera pergi ke Puskesmas atau tempatan pelayanan kesehatan terdekat agar segera mendapat penanganan medis. 

BACA JUGA:Sedang Sadap Karet, Warga Desa Pagardin Diserang Beruang

"Sebaiknya ketika tersengat tawon segera ke Puskesmas. Supaya segera mendapat penanganan medis. Karena dampak dari sengatan tawon ini sangat berbahaya bagi korbannya yang memiliki riwayat alergi," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: