Harga TBS di Pabrik Masih Stagnan Dibawah Angka Rp 2.500/Kg

Harga TBS di Pabrik Masih Stagnan Dibawah Angka Rp 2.500/Kg

TBS Sawit--

ULOK KUPAI RU.ID- Rata-rata harga beli TBS di tingkat pabrik hingga pekan, ini terpantau masih stagnan berada dibawah angka Rp 2.500/Kg. Sebagian besar PKS hanya membeli TBS milik petani tidak kurang dari angka Rp 2.330/Kg.

Belum diketahui pasti apa faktor yang membuat harga TBS di tingkat PKS, ini tak kunjung meningkat seperti yang diharapkan oleh petani. Jelasnya kendati harga TBS di tingkat PKS ini belum pecah atau melampaui harga Rp 2.500/Kg.

Namun aktivitas penerimaan buah di sebagian besar lingkungan PKS terpantau dalam situasi lancar dan terkendali. Kepada RadarUtara.ID, managemen PT Alno Agro Utama, melalui Humasnya, Irwan, membenarkan, sampai hari, ini harga beli TBS di tingkat PKS PT Alno Agro Utama masih dalam posisi stagnan diangka Rp 2.330/Kg. Dan harga tersebut berlaku sejak periode dua pekan terakhir.

"Hampir dua minggu, ini harganya masih stagnan di angka segitu," ungkapnya.

Diungkapkan Irwan, belum beranjaknya harga beli TBS di tingkat PKS ini juga tidak terlepas dari dukungan kualitas buah milik petani yang diterima oleh PKS.

Kebetulan minimnya produksi buah di tingkat petani juga menjadi salah satu kurang maksimalnya jumlah TBS yang diterima oleh PKS dari petani setiap harinya.

"Kendala dilapangan yang terlihat saat, ini ada di kualitas buah yang dikirim ke PKS agak sedikit berkurang. Dan kebetulan saat, ini produksi buah di tingkat petani sedang mengalami masa track," imbuhnya.

Terlepas dari persoalan tersebut, Irwan, memastikan untuk aktivitas penerimaan buah di tingkat PKS setiap harinya terpantau lancar dan terkendali tanpa berdampak terhadap timbulnya antrean kendaraan yang mengirim buah petani ke PKS.

"Kalau untuk penerimaan buah sampai hari, ini lancar-lancar. Tidak ada kendala berarti bagi kendaraan yang mengirim buat milik petani ke PKS setiap harinya," demikian Irwan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: