Tanah Longsor Timbun Rumah Warga Desa Air Putih

Tanah Longsor Timbun Rumah Warga Desa Air Putih

Longsor yang menimpa rumah warga Desa Air Putih--

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID - Selain menyebabkan banjir di beberapa desa. Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak hari Rabu hingga Kamis (16/11) juga menimbulkan bencana tanah longsor yang menimpa salah satu bangunan rumah milik Rukan, warga RT 03, Dusun III Swakarsa, Desa Air Putih, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS). 

Dikatakan Ketua RT 03 Dusun Swakarsa, Agus, tanah longsor ini terjadi pada Kamis pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor tersebut. Namun, material tanah menimbun dan merusak bangunan dapur rumah milik korban. "Tanah longsor menimbun bangunan dapur rumah korban. Sumur dan beberapa fasilitas rumah yang ada di ruangan dapur ikut tertimbun semuanya," ungkapnya.

Menurut Agus, tiba-tiba tebing setinggi kurang lebih 30 meter yang ada di belakang rumah korban longsor terbawa oleh air. 

"Pemilik rumah dan anggotanya sempat terkejut mendengar suara keras. Setelah dilihat ternyata tanah pada tebing belakang rumah turun dan menimpa bangunan dapur," lanjutnya.

Saat ini, seluruh anggota keluarga masih menempati rumah tersebut. Ini lantaran bagian depan rumah masih dalam kondisi baik.

"Meski masih menempati rumah itu, tapi korban was-was, atkut ada dengan longsor susulan," sambungnya.

Terpisah Kepala Desa Air Putih, Bambang Syahrial, membenarkan kejadian tanah longsor yang telah menimbun salah satu dapur rumah warganya. Saat ini, tindakan sementara yang bisa diupayakan oleh pihak desa adalah mengupayakan untuk memindahkan material tanah yang menimbun dapur.

"Sementara ini tadi siang masih gotong royong. Tapi jika dengan gotong royong nanti tidak mampu. Kita akan kerahkan alat berat. Karena material tanah yang longsor cukup lumayan," demikian Kades. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: