Debu Jalan Jadi Santapan Rutin Warga Penyangkak

Debu Jalan Jadi Santapan Rutin Warga Penyangkak

Kondisi jalan di Kecamatan Kerkap yang penuh dengan debu.--

KERKAP RU.ID - Beberapa ruas jalan di Kecamatan Kerkap saat kemarau mulai menghasilkan lebih banyak debu. Hal itu pun dikeluhkan beberapa pengguna jalan dan warga disana karena dinilai menggangu pernafasan.

Apalagi Ruas jalan yang paling parah menghasilkan debu adalah jalan Desa Serumbung dan Desa Penyangkak kecamatan Kerkap. Dengan kondisi jalan yang rusak debu pun semakin menjadi - jadi saat kendaraan roda empat melintas. 

Rudi salah seorang warga Desa Penyangkak menyampaikan, kondisi jalan rusak dan berdebu ini sudah berlangsung sangat lama, bahkan menurutnya debu-debu tersebut bisa mengganggu pernafasan karena terjadi setiap hari dan dengan volume yang tidak sedikit.

"Sejak musim kemarau ruas jalan ini semakin parah dan juga debu yang dihasilkan semakin banyak," keluh Rudi. 

Tidak hanya itu, Rudi mengatakan kondisi jalan yang terkesan dibiarkan tanpa perbaikan ini, jadi semakin parah  dengan lalu lalangnya truk-truk besar. Oleh Karena itu untuk meminimalisir debu, dirinya dan warga terkadang menyemprot jalan dengan air, akan tetapi hal tersebut belum cukup.

"Sedikitnya ada puluhan truk lalu lalang setiap hari melewat jalur itu, hal ini pun memperparah jalan yang rusak sehingga menghasilkan debu yang semakin banyak, kami khawatir bisa membuat banyak warga mengalami ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut," katanya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: